sahrudi
by on February 16, 2015
1,373 views
Ujian Nasional 2015 Online
Terobosan baru pada dunia pendidikan lahir di tahun 2015. Pelaksanaan ujian nasional akan dilakukan secara online. Pelaksanaan itu tentunya belum merata di seluruh sekolah di indonesia. Hal ini diakibatkan karena tidak semua sekolah mempunyai fasilitas komputer dan internet yang memadai. Jadi, pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan sistem online hanya beberapa sekolah yang berstatus kejuruan atau sekolah umum yang sudah punya fasilitas lengkap dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Untuk kota balikpapan pada tingkatan sekolah menengah atas/sederajat hanya sekolah menengah kejuruan negeri 3 (SMK 3)balikpapan yang berkesempatan untuk melaksanakan ujian nasional pada tahun 2015 ini secara online. Menurut kepala SMK 3 Balikpapan bahwa smk 3 merupakan satu-satunya sekolah di balikpapan yang berkesempatan melaksanakan ujian nasional secara online pada tahun pertama ini. "SMK 3 Balikpapan menjadi sample pelaksanaan ujian nasional pada tahun 2015 ini" katanya menutup perbincangan tentang ujian nasional dan beralih ke topik lain. Sementara itu berdasarkan informasi yang saya ambil dari tribunnews.com di kota malang ada 15 SMK yang siap melaksanakan ujian secara online.
Secara umum dari semua kabupaten kota di indonesia sudah lebih banyak sekolah yang siap melaksanakan ujian nasional secara online daripada yang belum siap. Pelaksanaan ujian nasional secara online ini sangat bagus karena bisa meminimalisir kesalahan siswa dalam memilih jawaban. apabila pada pelaksanaan ujian secara manual masih banyak siswa yang kurang cermat dalam menghitamkan pilihan jawaban dengan pensil maka dengan ujian nasional ini siswa cukup mengklik jawaban yang dipilihnya dan apabila sudah terklik secara otomatis jawaban tersebut sudah tersimpan oleh sistem. Ujian online juga menghilangkan rasa cemas akan jawaban yang salah kemudian diganti dengan jawaban baru karena pada ujian secara manual bisa terjadi kemungkinan akan terbaca dua jawaban yang dipilih karena tidak terhapus secara sempurna maka pada ujian online ini jawaban yang diganti tidak akan meninggalkan bekas.
Seperti halnya ujian calon pegawai negeri sipil yang sukses dilakukan secara serentak di seluruh indonesia dengan sistem online, maka harapan kita semoga ujian nasional di tahun 2015 yang melakukan secara online ini juga sukses. Apapbila pelaksanaan ini sukses maka kita berharap pada tahun berikutnya semua sekolah sudah bisa melakukan ujian nasional secara online. Keuntungan dari pelaksanaan ujian nasional dengan sistem online sebagai berikut:
1. Proses distribusi soal tidak perlu lagi memakan waktu yang lama/ dan biaya yang banyak
2. Kebocoran soal sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi
3. Kesalahan siswa juga sangat kecil kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengisian biodata ataupun pemilihan jawaban
4. Semua siswa nantinya akan melek teknologi karena tuntutan ujian nasional
Semoga ujian nasional di tahun 2015 ini berjalan lancar baik yang melaksanakan secara online dan manual. maju terus pendidikan nasional Indonesia.
Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional ( UN ) SMP dan SMA tahun 2015
- Pelaksanaan UN SMA / Sederajat 13-15 April 2015
- Pelaksanaan UN SMP / Sederajat 4-6 Mei 2015
- Pengumuman hasil UN SMA 18 Mei 2015
- Pengumuman hasil UN SMP 10 Juni 2015
Posted in: Pendidikan
Be the first person to like this.