by on November 11, 2016
2,259 views
Situ atau danau kerap menjadi objek wisata alam bagi masyarakat luas di dunia, mungkin tidak semua wisata alam situ mengandalkan objek air situ sebagai objek wisata utama bagi para wisatawan namun ada pula wisata alam situ yang memanfaatkan objek alam lainnya yang ada di sekitar wilayah situ seperti pemandangan perkebunan atau satwa-satwa di sekitarnya. Banyak orang yang hanya sekedar jalan-jalan menyusuri pinggiran situ saat pagi menghirup udara segar. Maka wisata alam situ meskipun mayoritas sumberdaya wisatanya adalah air tapi objek lingkungan sekitarnya pun mampu menjadi objek menarik bagi wisatawan oleh sebab itu disinilah pengelolaan wisata alam harus komprehensif meliputi seluruh lingkungan yang mengitari objek yang dianggap utama dalam wisata alam.
Wisata alam situ atau danau di Indonesia sangat banyak, dan banyak pula yang belum terangkat eksistensinya disebabkan beberapa hal misalnya faktor media dan sosialisasi padahal objek wisata alamnya sangat bagus untuk dikunjungi. Situ Sukarame mungkin salah satu objek wisata alam situ yang jarang bahkan tidak pernah terdengar di media meskipun akhir-akhir ini ada beberapa informasi mengenai Situ Sukarame di beberapa website menunjukkan keberadaan tempat ini kepada masyarakat sebagai salah satu referensi danau atau situ yang direkomendasikan untuk dikunjungi.
Situ Sukarame terletak di Kecamatan Parakansalak,Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Posisi situ yang dikelilingi oleh hijaunya perkebunan teh menambah suasana sejuk dan damai bila berada di kawasan Situ Sukarame ini. Seperti telah disebutkan sebelumnya lingkungan sekitar situ pun sangat mendukung untuk dikunjungi bagi para wisatawan bisa terlihat di Situ Sukarame yakni pengunjung lebih banyak menghabiskan waktunya di pinggiran situ untuk berkumpul dan bersantai makan sambil menikmati pemandangan gunung,perkebunan teh, dan hutan pinus, serta tentunya melihat luasnya situ sukarame yang dinikmati oleh wisatawan lain dengan bermain perahu angsa, getek, dan sesekali sering diadakan lomba dayung perahu karet pada event-event tertentu.
Letak Situ Sukarame yang strategis dapat dikatakan sebagai “perjalanan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” artinya saat mengunjungi Situ sukarame , wisatawan dapat mengunjungi atau berjalan-jalan ke situs peninggalan ruman salah satu petinggi kolonial Belanda yang pernah lama menetap di Parakansalak yaitu Gedung Patamon meskipun beberapa tahun lalu gedung tersebut telah diruntuhkan namun pondasi dan denah bangunan gedung masih ada. Lokasi Gedung Patamon sekitar 1 KM dari Situ Sukarame, sambil berjalan santai menyusuri kebun teh ke arah barat maka wisatawan sudah sampai ke situs gedung ini. Apabila dilanjutkan lurus sekitar 100 meter dari Gedung Patamon wisatawan akan sampai di komplek pabrik pengolahan teh PTPN VIII dan langsung aroma khas teh yang sedang diolah dari dalam pabrik akan tercium sebab terdapat corong yang mengeluarkan asap pengolahan.
Akses menuju Situ Sukarame sangat mudah sebab ada pilihan transportasi umum yang bisa digunakan diantaranya angkutan umum (angkot) dan ojeg. Angkot yang menuju Situ Sukarame yaitu angkot berwarna orange bertuliskan jurusan Parakansalak-Parungkuda dengan tarif Rp. 6.000 dan tarifnya dapat berkurang apabila wisatawan menaiki angkot dipertengahan jalan sesuai dengan jaraknya. Terminal angkot ini berjarak sekitar 500 meter dari Situ Sukarame, setelah turun dari angkot, wisatawan dapat berjalan kaki ke Situ Sukarame atau dapat pula menggunakan ojeg. Bagi wisatawan dari Jakarta yang menggunakan mobil pribadi dapat menggunakan jalur pintas melalui jalan Cidahu yaitu shortcut belok kanan dari Cicurug, dengan memakai jalur ini wisatawan dapat menghindari kemacetan dan menghemat waktu perjalanan. Dari Jalan Cidahu ini wisatawan dapat langsug cepat ke jalan Parakansalak dan tiba di Situ Sukarame.
Mengenai fasilitas penunjang wisata masih dalam pengembangan misalnya fasilitas mushola dan toilet umum namun tetap nyaman untuk digunakan. Termasuk fasilitas tempat makanan di kawasan Situ Sukarame tersedia berbagai macam makanan namun saat ini masih terbatas untuk makanan ringan instans seperti snack dan soft drink. Akan tetapi apabila wisatawan ingin makanan berat maka bisa keluar area Situ Sukarame menuju area terminal angkot di sana terdapat tempat makan yang menawarkan berbagai macam masakan sunda dan lain-lain.
Apabila ingin merasakan udara segar dari perairan situ dan perkebunan maka tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Situ Sukarame dan selalu ingat agar berwisata dengan tetap melestarikan lingkungan tanpa merusaknya.
Be the first person to like this.