1,181 views

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Bahasa Inggris


Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Variasi bahasa ini yang diajarkan di dalam sistem pendidikan negara yang berbahasa Inggris disebut sebagai Bahasa Inggris Baku. Bahasa inilah yang diajarkan di berbagai bagian dunia sebagai bahasa kedua. Bahasa ini digunakan dalam situasi yang membutuhkan formalitas atau untuk lebih mudah dipahami oleh pembicara bahasa Inggris. Berikut ini adalah kesalahan umum yang sering dijumpai dalam pemakaian bahasa Inggris.


  1. A atau An

A atau An adalah kata sandang tak tentu (Indefinite Article). Kata sandang A dipakai di depan kata yang dimulai dengan huruf mati/konsonan. Sedangkan An digunakan di depan kata yang dimulai dengan huruf hidup/vokal.


Contoh:


A book


An egg


Namun ada beberapa pengecualian untuk vokal U dan konsohan H. Hal ini disebabkan karene vokal U mempunyai 2 macam bunyi, yaitu Yoo atau Yor (union, use, European) dan Uh (Usher, upward). Sementara itu, kata yang dimulai dengan konsonan H yang merupakan huruf mati (hour, honest) mempergunakan kata sandang An.


Contoh:


A union


An usher


A hotel


An hour


  1. Ain’t

Ain’t adalah kata dialek dalam bahasa informal bahasa Inggris yang tidak boleh dipakai dalam bahasa Inggris lisan maupun tulisan yang baku. Ain’t mempunyai makna yang sama dengan am/is/are not, do/does not, dan have/has not.


Contoh:


I ain’t a student = I am not a student


She ain’t finish yet = She does not finish yet


They ain’t come = They have not come


  1. Almost

Dalam pemakaian Almost banyak terjadi kesalahan dalam membedakan antara He almost lost all his money = He didn’t lose any money dan He lost almost all his money = He lost most of his money. Dan ada juga kesalahan antara Almost (It’s almost all interesting = Nearly all of it) dengan All Most (It’s all most interesting = All of it).


  1. Alright

Penulisan Alright yang benar dalam bahasa Inggris baku adalah All Right.


  1. Also

Also adalah kata keterangan (Adverb) sehingga tidak boleh digunakan sebagai kata sambung (Conjunction) seperti dalam kalimat I left my umbrella, also my coat, seharusnya kata Also dalam kalimat tersebut diganti dengan kata And.  Penggunaan kata Also yang benar adalah  sebelum atau sesudah kata kerja (Verb), sebelum kata sifat (Adjective) atau kata depan (Preposition), atau dengan kata keterangan lainnya untuk menunjukkan cara (Manner), waktu (Time), arah (Direction), tempat (Place), frekuensi (Frequency), kuantitas (Quantity) dan tingkat (Degree), karena kata keterangan digunakan untuk menjelaskan kata kerja, kata benda, dan lain-lain.


Contoh:


He is studying German but he is also studying French


They know him and I know him also

Posted in: Pendidikan
Be the first person to like this.