sahrudi
by on February 16, 2015
9,408 views
Pertimbangan dalam Menentukan Judul Skripsi

Menentukan judul skripsi adalah langkah awal dalam menyelesaikan tugas akhir. Tidak sedikit mahasiswa yang kebingungan dalam menentukan judul apa yang akan diangkat dalam pembuatan skripsi. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam menentukan judul skripsi.

1. Manfaat

Sebagai tugas akhir maka skripsi yang dibuat seharusnya tidaklah sembarangan atau dibuat apa adanya dan hanya sekedar memenuhi persyaratan kelulusan untuk meraih gelar sarjana sesuai dengan disiplin ilmu. Skripsi haruslah memberi mamfaat kepada diri sendiri dan masyarakat secara luas serta memberikan sumbangsih pada disiplin ilmu anda.

2. Referensi
Pertimbangan selanjutnya adalah referensi. Referensi ini bisa berasal dari buku-buku penunjang yang berhubungan dengan disiplin ilmu bisa berasal dari internet dan bisa juga berasalah dari skripsi sebelumnya yang masih memiliki hubungan dengan penelitian yang akan dilakukan nantinya. Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa judul yang akan anda angkat punya banyak referensi dan mudah untuk mendapatkannya.

3. Tema
Judul skripsi adalah landasan awal dalam menyusun skripsi sehingga tema yang dipilih adalah tema yang anda minati. Memilih tema yang diminati bertujuan agar dalam proses penelitian nantinya tidak jenuh dalam menjalani prosesnya. Tema ini bisa berasal dari mata kuliah yang paling anda minati pada saat proses perkuliahan. Ketika anda mengangkat tema yang anda minati maka secara otomatis penguasaan materinya lebih nudah.

4. waktu dan Tempat
pada saat anda mengangkat judul skripsi anda harus punya gamran tempat penelitian. Penentuan tempat ini tentunya tergantung pada priadi masing-masing mahasiswa. Bagi yang menyukai tantangan akan memilih tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya sehingga proses pembuatan skripsi menjadi sangat berkesan tetapi bisa jadi akan memakan waktu yang lebih banyak yang artinya kemungkinan skripsi anda akan lebih lama selesai. Sebaliknya bagi yang ingin cepat selesai maka tempat penelitian bisa dilakukan di daerah yang dekat dengan kampus sehingga waktu yang digunakan lebih sedikit karena bisa sambil melakukan proses bimbingan nantinya.

5. Objek Penelitian
Pertimbangan terakhir adalah tentang objek penelitian. Hal ini penting karena objek penelitian adalah hal paling menentukan keberhasilan penelitian anda. Anda harus punya informasi awal terhadap objek penelitian anda. apakah objek penelitian itu mudah didapatkan atau tidak?
Demikianlah gambara dari apa yang anda harus pertimbangkan sebelum menentukan judul skripsi agar proses penelitian yang akan anda lakukan berjalan efektif dan efesien.
Skripsi bukanlah hal yang menakutkan tapi menyenangkan.
Posted in: Pendidikan, Tips & Trik
Be the first person to like this.