sahrudi
by on February 13, 2015
2,600 views
Menjaga Usaha Agar Tetap Survive

Membangun sebuah usaha sama halnya dengan menanam pohon. Bibit yang baik dan perawatan yang baik akan menentukan buah yang dihasilkan dari pohon tersebut. Begitupun dengna membangun usaha memilih bibit (Jenis Usaha) sangatlah penting karena akan menentukan hasil yang akan kita capai nantinya. Setelah menentukan jenis usaha yang akan kita bangun maka langkah selanjutnya adalah pemeliharaan (Manajemen). Bagaimana agar usaha kita bisa menghadapi persaingan dan juga memuaskan pelanggan? Hal ini tentunya tidak mudah juga karena mengingat sebuah kalimat "Mempertahankan selalu lebih susah dari pada meraih". Hal ini terjadi tentunya karena adanya tekanan mental yang lebih ketika telah memiliki sesuatu dibandingkan belum memiliki apa-apa. Untuk seorang pengusaha maka mempertahankan agar usahanya agar tetap survive maka cara berikut ini bisa ditempuh:

1. Karyawan
karyawan adalah ujung tombak dari perjalanan usaha yang kita bangun. Hubungan antara karyawan dengan pemilik usaha haruslah harmonis. Untuk menjaga karyawan agar betah bekerja tentu ada beberapa hal yang harus dipenuhi antara lain:
a. Komunikasi, antara karyawan dan pemilik usaha sebaiknya tidak perlu punya banyak batas batasan dalam komunikasi sehingga karyawan merasa nyaman dalam menyampaikan ide atau persoalan yang dihadapi dalam bekerja. karyawan harus merasa nyaman di tempat kerja sehingga harus ada aturan jelas yang mengikat karyawan sehingga tidak terjadi kecemburuan sesama karyawan yang mengakibatkan terjadinya persaingan tidak sehat antar sesama karyawan.
b. Kesejahteraan, hal ini tentunya sudah diatur dalam undang-undang tenaga kerja. Namun pemberian kesejahteraan ini tentunya tetap berdasar pada kondisi perusahaan. Sehingga balance (seimbang) antara profit dan pengeluaran. Ketika karyawan sejahtera maka bisa dipastikan akan betah bekerja dan produktivitasnya juga maksimal.
c. Karier, hal ini akan berhubungan lansung dengan pemberian kesejahteraan tetapi hal ini lebih spesifik pada posisi dan tanggung jawab dalam pengololaan perusahaan. Karyawaan akan merasa diperhatikan ketika diberikan reward (hadiah) berupa peningkatan karier. Peningkatan karier ini bisa dilihat dari masa kerja dan produktivitas kerja.

2. Costumer (Pelanggan)
untuk mempertahankan atau menambah pelanggan tentunya harus memberikan pelayanan terbaik kepada costumer. "Tamu ada raja" peribahasa ini harus dipegang teguh sehingga menjadikan pelanggan sebagai tamu yang harus dilayani dan dihormati. Ketika pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan maka tidak mungkin bisa menjadi tenaga marketing yang tidak digaji. Pelanggan akan mereferensikan usaha kita kepada keluarganya, temannya dan orang-orang yang membutuhkan produk yang kita miliki. Pelayanan kepada pelanggan bisa sangat beragam misalnya:
a. Kartu member, hal ini bisa mengikat pelanggan. Kartu member ini akan menjadi simbol bahwa pemilik kartu member telah menjadi bagian keluarga besar dari perusahaan kita.
b. Diskon, pemberian diskon-diskon tertentu pastinya akan menarik. Diskon ini bisa diberikan kepada pemilik kartu member, pada moment-moment tertentu atau mungkin pada hari ulang tahun pelanggan tersebut.

3. Produk
produk yang kita buat haruslah selalu berjalan seiring tuntutan zaman. Hal ini harus dilakukan agar bisa terus bersaing dengan jenis usaha yang sama dengan ide-ide yang lebih segar dan baru. Inovasi produk sangat penting karena ukuran kepuasan pelanggan terus meningkat dari waktu ke waktu.

4. Pemasaran
desain pemasaran produk haruslah inovatif sehingga masyrakat yang belum mengenal produk yang kita buat bisa tahu. Memamfaatkan semua media yang ada sangat penting karena kemudahan dalam mengakses produk yang kita buat akan memunculkan rasa percaya kepada pelanggan. Media sosial yang berkembang pesat sekarang bisa menjadi alternatif yang sangat bagus. Selain itu harus tetap menggunakan jasa marketing sehingga penjelasan terhadap produk bisa lebih rinci dan mudah dipahami calon pelanggan.
Demikianlah beberapa ulasan tentang upaya dalam menjaga agar usaha tetap survive dan menjawab tantangan zaman yang sangat dinamis. Semoga Artikel ini bermamfaat buat usaha anda.
Posted in: Tips & Trik
Be the first person to like this.