sahrudi
by on February 23, 2015
1,566 views
Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi

Setelah mengetahui istilah-istilah dari asuransi, maka anda berhak mempertimbangkan apakah akan membeli asuransi yang ditawarkan oleh marketing asuransi atau tidak. Jangan langsung terpengaruh oleh kemampuan retoris tenaga marketing ataupun tergiur oleh ilustrasi yang digambarkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli produk asuransi sebuah perusahaan asuransi.
1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan penyedia jasa asuransi ini harus anda tahu, apakah termasuk perusahaan asuransi lokal atau berasal dari luar negeri apakah asuransi milik negara atau perusahaan swasta. Meskipun sebenarnya nama perusahaan dan status perusahaan tidak berpengaruh terhadap kenyamanan pelayanan tetapi anda juga perlu tahu tentang kredibilitas perusahaan tersebut. Setelah paham penjelasan yang diberikan oleh tenaga marketing maka anda perlu mencari tahu tentang perusahaan itu dari internet atau dari orang-orang di sekitar anda (Keluarga, teman kerja ataupun tetangga). Apabila anda sudah yakin dengan perusahaan tersebut maka selanjutnya adalah pahami produknya dengan baik.
2. Produk Asuransi
Secara umum semua produk asuransi dalam sebuah perusahaan asuransi sejenis itu sama saja. Namun pihak asuransi berhak memodifikasi sebuah produk agar terlihat menarik dan bisa memenuhi harapan calon pengguna jasa asuransi. Semua produk asuransi berada di bawah persetujuan dan pengawasan jasa otoritas keuangan (OJK). Jadi, produk asuransi itu bertujuan melindungi nasabahnya dari kerugian ekonomi yang mungkin akan terjadi. Untuk itu dalam memilih produk pilihlah yang paling cocok atau paling sesuai dengan kebutuhan anda.
3. Pelayanan
Cara pelayanan dari perusahaan asuransi harus anda tanyakan karena sebenarnya anda membeli sebuah produk asuransi agar nilai ekonomi anda tidak berkurang apabila terjadi musibah yang menimpa anda. Apabila pelayanannya terlalu rumit maka anda perlu mencari perusahaan lain yang lebih memudahkan. Pelayanan yang rumit akan membuat anda akan mengeluarkan banyak biaya tambahan lagi. Untuk itu tips dalam hal pelayanan ini adalah lebih baik membeli produk asuransi yang membutuhkan banyak persyaratan tetapi dalam pengurusan klaim lebih mudah dan cepat daripada pesyaratan sedikit tetapi pengurusan klaimnya lama dan berbelit-belit.
4. Premi
Besarnya premi yang harus anda bayarkan harus menjadi pertimbangan agar bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Satu jenis produk akan berbeda harganya antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Kalau kondisi keuangan anda mencukupi maka anda bisa saja membeli produk dengan premi yang mahal tetapi kalau uang anda pas-pasan maka pertimbangkanlah dengan mencari perusahaan asuransi dengan premi yang lebih murah.
5. Manfaat
Manfaat yang ada dalam produk yang anda beli harus anda pahami. Apa saja yang bisa ditanggung oleh produk tersebut. Hal ini juga harus anda ketahui bahwa dalam satu jenis produk yang sama bisa berbeda manfaatnya antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi yang lain. Jadi anda harus melihat manfaat ini dari segi kebutuhan anda.
Manfaat, premi dan pelayanan ini punya hubungan yang tidak bisa dipisahkan sehingga anda betul-betul harus jeli dalam menentukan produk asuransi apa yang akan anda beli dan dari perusahaan asuransi mana. Saya akan memberikan ilustrasi terkait hal tersebut tetapi bukan produk asuransi perusahaan tertentu. Hanya sebuah ilustrasi yang mungkin akan mirip dengan apa yang akan/telah ditawarkan oleh tenaga marketing kepada anda. Ilustrasinya sebagai berikut:
Perusahaan asuransi A menawarkan produk asuransi kesehatan dengan ketentuan sebagai berikut:
Premi:
Rp. 1.000,-/bulan
Manfaat:
1. Penggantian biaya rawat inap dan rawat jalan, Penggantian biaya operasi, penggantian obat-obatan. Maksimal masa pengobatan yang ditanggung selama 7 hari dalam satu bulan.
2. Uang pertanggungan apabila berakhir kontrak/meninggal dunia sebesar Rp. 100.000.000,-
3. Nilai investasi sesuai hasil pengembangan investasi
Pelayanan:
Semua biaya akan langsung ditagih oleh pihak rumah sakit kepada pihak perusahaan
Perusahaan asuransi B menawarkan produk asuransi kesehatan dengan ketentuan sebagai berikut:
Premi:
Rp. 1.000,-
Manfaat:
1. Penggantian biaya pengobatan sebesar Rp. 100.000.000,-/hari selama masa perawatan
2. Uang pertanggungan apabila berakhir kontrak/meninggal dunia sebesar Rp. 200.000.000,-
3. Nilai investasi sesuai pengembangan investasi
Pelayanan
Penggantian biaya tersebut akan dibayarkan setelah mendapatkan surat keterangan berobat dari rumah sakit
Perusahaan asuransi C menawarkan produk asuransi kesehatan dengan ketentuan sebagai berikut:
Premi:
Rp. 1.000,-
Manfaat:
1. Penggantian biaya pengobatan rawat inap sesuai kwitansi atau maksimal Rp. 10.000.000,-, penggantian biaya obat-obatan sesuai kwitansi atau maksimal sebesar Rp. 10.000.000,-, Penggantian biaya operasi sesuai kwitansi atau maksimal sebesar Rp. 50.000.000,- selama masa pengobatan.
2. Uang pertanggungan apabila berakhir masa kontrak/meninggal dunia sebesar Rp. 300.000.000,-
3. Nilai investasi sesuai pengembangan nilai investasi
Pelayanan:
Penggantian biaya tersebut akan dibayarkan setelah memperlihatkan kwitansi pembayaran dan surat keterangan berobat dari rumah sakit
Dari ketiga ilustrasi di atas menggambarkan bahwa ada tiga jenis asuransi yang menawarkan produk yang sama dengan jumlah premi yang sama tetapi manfaat dan pelayanan yang berbeda. Hal ini perlu anda pertimbangkan sesuai dengan keinginan anda dan itu tergantung kepada anda. Hal lain adalah terkadang ada premi yang berbeda dengan manfaat yang sama tapi pelayanan yang berbeda. Sekali lagi ilustrasi tersebut di atas bukanlah ilustrasi ilustrasi dari perusahaan tertentu. Tujuan dari ilustrasi tersebut hanya untuk memberikan gambaran bahwa produk asuransi yang sama akan memberikan manfaat, pelayanan, dan premi berbeda. Menyikapi hal tersebut silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan kemampuan ekonomi. Hal yang paling penting anda perhatikan adalah kesesuaian isi polis dengan penjelasan tenaga marketing agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Demikianlah penjelasan tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi, semoga bermanfaat.
Be the first person to like this.