heriyanto
by on August 25, 2015
900 views

Cara Merawat Ayam Kampung

Ayam kampung adalah salah satu hewan yang paling digemari bahkan dagin ayam terkenal kelesatannya. Begitu banyak peternak ayam dijaman sekarang ini. Tapi ayam mudah terkena penyakit yang mengakibatkan kematian seperti halnya penyakit yang populer sekarang yaitu flu burung dimana ayam merupakan dalam kategori unggas yang mudah terserang penyakit yang berbahaya.

Nah untuk menjaga kesehatan ayam ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Pertama Adalah Kebersihan Kandang

Kandang ayam merupakan tempat yang paling harus dijaga kebersihannya agar ayam tidak gampang terserang penyakit. Berbagai macam penyakit mudah datang apabila kandang ayam tersebut dalam keadaan tidak teratur atau kurang bersih. Apa bila kandang ayam kurang diperhatikan maka penyakit akan mudah masuk diakibatkan sampah yang menumpuk. nyamuk-nyamuk  akan bersarang ditumpukan sampah yang bisa menularkan berbagai macam penyakit karena nyamuk adalah salah satu penular yang epektif. Maka dari itu jangan menganggap hal-hal sekecil apapun bisa dengan mudah diatasi agar ayam kita bisa tumbuh dengan baik dan sehat. 

2. Yang Ke Dua Adalah Makanannya.

Makanan ayam harus benar-benar terjaga. Dengan asal memberi makanan pada ayam bisa berakibat fatal menyebabkan kematian terhadap ayam tersebut. Agar mendapat hasil yang maksimal dan kualitas bagus berilah makanan sampai tiga kali sehari. Makanan paling efektip untuk ayam adalah jagung yang digiling tapi jangan terlalu halus buatlah agak kasar.

Untuk ayam yang baru menetas pisahkan bersama induknya dengan ayam dewasa agar menjaga keselamatan anak ayam dari gangguan ayam dewasa karena ayam yang baru menetas rentang kematian. Buatkanlah kandang yang khusus untuk ayam tersebut yang berukuran sedang sekitar 50x50 cm.

Marilah menjaga ayam kita agar bisa menikmati hasilnya dengan baik.Jagalah ayam anda dengan memberi pitamin, Seperti Vitamax, Viterna, dll.

 

Posted in: Tips & Trik
Be the first person to like this.