sahrudi
by on February 17, 2015
1,324 views
Pemasaran Produk Tanpa Tambahan Tenaga Pemasaran

Ide sudah ada, modal sudah siap, tempat sudah dibangun, dan karyawan untuk produksi pun sudah cukup. Namun masih ada yang mengganjal di hati. Tenaga Pemasaran. Yah, namanya usaha membutuhkan pemasaran. Namun apakah harus ada orang lagi yang direkrut? kalau harus merekrut karyawan baru lagi untuk tenaga pemasaran maka biaya akan bertambah lagi sementara usaha baru mau dijalankan. Ini tentu menjadi masalah. bagi yang kebingungan akan persoalan tersebut maka berikut saya kasih tips pemasaran tanpa merekrut karyawan baru sebagai tenaga pemasaran. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul menjaga usaha agar tettap survive. Berikut tips pemasaran produk tanpa tambahan tenaga pemasaran:

1. Nama
Teori pemasaran yang pertama dan paling utama adalah nama. Nama itu berupa nama usaha dan nama produk yang dibuat. Pemberian nama juga tidak boleh asal-asalan, nama harus dibuat unik, mudah diingat, dan pastinya berbeda dari nama yang lain.

2. Tes Produk
Setelah nama sudah dibuat dan produksi sudah berjalan, maka langkah selanjutnya adalah memperkenalkan produk tersebut. Untuk langkah perkenalan maka produk tersebut bisa dibagikan gratis kepada beberapa orang pelanggan pertama. Ketika produk kita memuaskan maka dengan sendirinya mereka akan mengabarkan kepada orang lain tentang produk anda. Mereka akan bercerita tanpa anda minta agar mereka menceritakannya. Kuncinya satu produk anda memang memuaskan.

3. Keluarga
Keluarga bisa menjadi tenaga marketing gratis. Teman-teman dari keluarga kita sangat banyak dan mungkin ada diantara mereka yang butuh produk seperti yang anda hasilkan. Itu bisa dimaksimalkan dalam memasarkan produk. Proses memasarkan itu kan sederhana hanya menceritakan tentang nama usaha, tempat usaha, dan nama produk yang dibuat. Jadi keluarga bisa melakukan itu sambil arisan, olahraga, dan lain-lain.

4. Member Card
Orang-orang yang telah menikmati produk anda atau menjadi pelanggan pertama anda harus diikat agar tidak lepas. Ikatannya adalah dengan memberikan member card (Kartu Member). Kartu member ini berfungsi untuk memberikan diskon-diskon khusus pada saat pembelian dengan nominal tertentu. Pemegang kartu member mendapatkan perhatian khusus sehingga betah memakai produk anda dan juga dengan senang hati menceritakan keuntungan mendapatkan kartu member di tempat anda. Artinya bahwa dengan sendirinya pelanggan anda telah menjadi tenaga marketing dengan sebuah ketulusan tanpa anda minta dan tanpa anda bayar. Sebenarnya anda sudah membayar duluan berupa pelayanan khusus dan diskon tertentu tetapi tentunya dengan jumlah yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan biaya membayar karyawan untuk tenaga pemasaran.

5. Social Media
Penggunaan social media saat ini sedang meningkat pesat. Hampir semua aktivitas bisa di temukan dalam social media. Mulai dari yang hanya sekedar update status biasa sampai yang melakukan promosi produk. Ini juga perlu dimamfaatkan, anda hanya bermodalkan gambar dari produk anda kemudian menuliskan deskripsi singkat dari produk anda kemudian share/bagikan di social media yang anda miliki. Semakin banyak social media yang anda gunakan maka semakin besar kemungkinan produk anda dikenal masyarakat luas.

Demikianlah langkah yang harus anda lakukan apabila belum mempunyai dana untuk menggaji karyawan untuk tenaga pemasaran. Tips yang mudah dilakukan dan tidak perlu biaya banyak hanya bermodalkan kualitas produk dan kepercayaan pelanggan. Selamat mencoba semoga sukses!
Posted in: Bisnis, Tips & Trik
Be the first person to like this.