sahrudi
by on November 28, 2016
1,972 views
Untuk memasarkan sebuah produk tidaklah mudah. Terlepas produk dari kualitas produk itu sendiri, kemampuan dalam memasarkan juga sangat penting. Sebuah produk berkualitas tidak akan berarti banyak tanpa kemampuan memasarkan yang baik. Berikut ini kami akan gambarkan 5 kemampuan yang harus dimiliki oleh tenaga marketing dalam memasarkan sebuah produk.
Kemampuan Memahami Produk
Tenaga marketing yang baik adalah marketing yang paham tentang produk yang akan dipasarkan. Seorang marketing harus tahu kualitas, bahan yang digunakan, manfaat dari produk dan lain sebagainya. Intinya bahwa produk yang dipasarkan harus dipahami dari kulit sampai isinya. Logika sederhananya adalah sangat tidak mungkin untuk menjelaskan tentang sebuah produk ketika seorang marketing tidak memahami terlebih dahulu tentang produk tersebut.
Secara umum hal-hal yang perlu dipahami oleh tenaga marketing terkait produk yang akan dipasarkan adalah sebagai berikut:
1. Kualitas produk. Kualitas produk harus dijelaskan mulai dari bahan yang digunakan, batas kadaluarsa (ketika sebuah produk memiliki batas kadaluarsa), keunggulan dari produk lain yang sejenis,
2. Cara menggunakan. Hal ini sangat penting untuk sebuah produk yang membutuhkan demonstrasi dalam penggunannya.
3. Pilihan-pilihan dari produk. Terkadang beberapa produk terdiri dari berbagai macam model dan warna semua ini harus diketahui oleh tenaga marketing.
Kemampuan menggunaka Produk Teknologi
Harus diakui bahwa seiring perkembangan zaman, teknologi memegang peranan penting dalam dunia pemasaran. Oleh karena itu tenaga marketing harusnya paham tentang teknologi. Paham yang kami maksud disini adalah bisa menggunakan produk teknologi sebagai alat pemasaran. Contoh paling sederhana adalah tahu cara mengoperasikan microsoft office power point. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membuat bahan presentase produk dan melakukan presentase kepada calon customer. Produk teknologi lain yang tidak kalah pentingnya harus bisa dipahami adalah internet.
Kemampuan Berkomunikasi
Pada dasarnya semua orang melakukan komunikasi setiap harinya. Secara sekilas terlihat bahwa semua orang bisa berkomunikasi. Namun apakah hal itu sudah cukup. Dalam memasarkan sebuah produk, ternyata dibutuhkan sebuah kemampuan komunikasi yang lebih dari sekedar komunikasi setiap hari. Seorang tenaga marketing harus tahu pola komunikasi yang baik terhadap calon customernya. Beberapa hal yang penting dipahami dalam komunikasi terkait dalam memasarkan sebuah produk adalah:
1. Memahami kondisi calon customer.
2. Tahu kapan saatnya mulai memperkenalkan produk.
3. Tahu cara membuat calon suctomer tertarik dengan alur pembicaraan.
4. Tahu cara membuat calon customer merasa nyaman dengan pembicaraan.
5. Pemilihan bahasa yang digunakan.
6. Kombinasi gestur dengan bahasa lisan, dan lain sebagainya.
Kemampuan Mengelola Database
Database adalah harta yang harus dijaga dan dikelola dengan baik oleh seorang tenaga marketing. Tanpa database maka seorang marketing tidak akan pernah tahu jalan yang harus dituju dalam memasarkan sebuah produk. Oleh karena itu, langkah pertama dalam sebuah pemasaran selalu dimulai dengan pengumpulan database. Melakukan klasifikasi dari database yang terkumpul. Selanjutnya mulai melakukan kunjungan atau membuat janji dengan calon customer. Pengelolaan database sangat berhubungan dengan penentuan target calon customer yang paling memungkinkan untuk menjadi pelanggan atau pengguna produk. Oleh karena perlu dilakukan pengelolaan berupa pengelompokan berdasarkan kriteria tertentu. Mengelompokkan berdasarkan jumlah kunjungan, respon dan lain sebagainya.
Kemampuan improvisasi
Kemampuan ini sangat berhubungan dengan kemampuan komunikasi. Artinya bahwa tenaga marketing butuh pengetehuan dan wawasan yang sangat luas. Ketika memperkenalkan produk face to face. Maka kemampuan ini sangat dibutuhkan, karena terkadang beberapa customer sangat senang ketika bercerita panjang lebar. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pengetahuan lebih diluar dari produk, namun memiliki hubungan yang sangat erat denga produk yang akan dipasarkan.
Penilaian baik atau tidaknya sebuah produk biasanya akan dilihat dari kemampuan memasarkan produk tersebut. Orang akan mulai tertarik untuk menggunakan sebuah produk ketika sering melihat iklannya muncul di media. Ketika tidak pernah muncul dimedia maka nasib produk tersebut tentunya akan tergantung pada tenaga marketing. Melalui tenaga marketing inilah seorang akan memberikan penilaian terhadap sebuah produk dan memutuskan untuk menggunakan produk tersebut atau tidak.
Bagi yang berminat menjadi seorang tenaga marketing. Sangat penting untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi, kemampuan komunikasi, memperluas wawasan dan juga membuat klasifikasi database dari yang paling memungkinkan sampai yang kurang.
Semoga bermanfaat, sampai ketemu pada artikel berikutnya.
Posted in: Bisnis
Be the first person to like this.