sahrudi
by on December 13, 2016
1,044 views
Produk dari sebuah usaha adalah kunci dari kesuksesan sebuah bisnis. Namun sebuah produk tidak hanya dinilai dari produk itu sendiri. Faktor diluar produk pun perlu diperhatikan. Bagi anda yang menjalankan sebuah bisnis atau memasarkan sebuah produk tetapi produknya kurang laku di pasaran. Maka anda perlu mencari tahu apa saja penyebabnya.
Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sebuah produk kurang laku di pasaran.
Kualitas Produk
Urutan pertama tentu adalah kualitas produk. Sebuah produk yang memiliki kualitas yang baik tentunya akan bisa memasarkan dirinya. Hal ini pernah dikatan oleh pendiri Whatsapp (Jan Coum) bahwa sebuah produk yang baik akan mempromosikan dirinya. Itulah sebabnya sampai hari ini kita tidak pernah melihat iklan whatsapp baik di televisi maupun internet tetapi pengguna whatsapp sangat banyak dan terbilang salah satu aplikasi messenger yang sangat sukses.
Kualitas produk yang baik, ketika dilepas di pasaran dan dinikmati oleh konsumen akan mendatangkan efek positif. Konsumen dengan senang hati akan menceritakan tentang produk tersebut pada kenalannya. Artinya bahwa konsumen akan sukarela menjadi seorang tenaga pemasar yang tidak perlu dibayar.
Tempat Memasarkan
Sebuah produk tidak hanya dilepaskan layaknya anak panah tanpa target sasaran yang jelas. Melepas produk ke dalam pasar tanpa target punya dua kemungkinan yang tidak dapat diprediksi persentasenya. Bisa saja menemukan sasaran yang tepat tetapi bisa jadi menemukan sasaran yang tidak tepat.
Sebagai contoh sederhana, sebuah produk dengan harga yang tinggi dilepas pada daerah yang pendapatan perkapitanya rendah. Maka rasio menemukan sasaran tepat tentunya akan sangat rendah. Berbeda dengan produk subtitusi atau produk sejenis yang harganya lebih murah meskipun kualitasnya lebih rendah dari produk yang kita miliki.
Desain pemasaran
Dunia terus tumbuh menuju era informasi tanpa batas. Muncul berbagai macam media yang menghubungkan orang-orang dari tempat yang berbeda. Era informasi ini memungkinkan semua orang untuk mengakses informasi darimana saja. Pada dasarnya hal ini menjadi peluang yang sangat besar. Tetapi saking besarnya peluang tersebut juga turut memicu perkembangan persaingan.
Oleh karena itu, keunggulan dalam memperkenalkan produk lewat arus informasi massal ini yang akan menjadi pemenang. Siapa yang mampu mendesain sebuah konsep pemasaran yang menarik maka merekalah yang akan mengambil banyak keuntungan. Desain pemasaran berhubungan dengan waktu, tampilan, intensitas dan juga kontinuitas.
Umpan Balik
Setelah produk sampai ke tangan konsumen maka perlu umpan balik yang sepadan. Maka tidak heran ketika pelaku bisnis hari ini berlomba-lomba memberikan penawaran-penawaran diskon, hadiah dalam bentuk undian, dan lain sebagainya. Mereka berusaha mempertahankan konsumen yang menggunakan produk.
Faktanya ketika seorang konsumen merasa nyaman dengan sebuah produk. Mereka cenderung berbagi informasi kepada rekan-rekan mereka. Disinilah peran umpan balik. Dimana sebuah hadiah akan menjadi cerita menarik bagi mereka. Setiap diskon yang mereka dapatkan akan dengan senang hati disampaikan kepada siapa saja yang mereka anggap membutuhkan produk sejenis.
Analisis Perkembangan
Hal yang sangat penting dilakukan adalah dengan melakukan analisa terhadap perkembangan dari pemasaran produk. Mengetahui tingkat penjualan dari waktu ke waktu, Penjualan di daerah tertentu akan membantu dalam mendesain konsep pemasaran. Melakukan inovasi produk dan lain sebagainya.
Perkembangan yang terjadi harus dipahami dengan benar. Ketika perkembangan masih sama dengan angka pertumbuhan penduduk maka sebuah masih dalam kondisi standar. Meskipun secara grafik jumlah konsumen bertambah namun secara umum persentase tidak mengalami pertambahan. Oleh karena itu, setiap sesi analisis harus juga melakukan perhitungan tentang tingkat perkembangan jumlah penduduk sebagai calon konsumen.
Sebagai kesimpulan bahwa produk berkualitas adalah produk yang dipasarkan pada sasaran yang tepat. Produk yang terus mengalami inovasi baik dari segi manajemen pemasaran maupun dalam produk itu sendiri.
Produk sangat lamban atau kurang laku dipasaran karena kurangnya perhatian pemilik bisnis terhadap produk dan juga faktor di luar produk. Oleh karena itu, perhatian terhadap produk harus dilakukan secara menyeluruh sampai pada hubungan dengan konsumen.
Semoga bisnis yang anda jalankan terus mengalami peningkata. Sampai ketemu pada artikel berikutnya.
Post in: Bisnis
Be the first person to like this.