sahrudi
by on September 19, 2016
3,102 views
Database pelanggan merupakan salah satu aset bisnis yang perlu dikelola dengan baik. Optimalisasi pengelolaan database akan menunjang perkembangan bisnis. Kita tahu bahwa persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Munculnya bisnis sejenis dengan inovasi yang sangat beragam tentunya menjadi sebuah tantang tersendiri. Oleh karena itu salah satu alternatif untuk bertahan dalam persaingan adalah pengelolaan database pelanggan dengan benar.
Pelanggan, tentunya menjadi alasan utama kenapa bisnis masih bisa bertahan. Tanpa pelanggan maka bisnis yang memiliki produk bagus dan juga inovasi terbaru tentu tidak ada artinya. Lalu bagaimana cara mengelola database pelanggan dengan benar?
Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi salah satu tips sukses dalam menjalankan bisnis yaitu terkait pengelolaan database pelanggan. Semoga tips kami kali ini membantu anda yang sedang berjuang mengembangkan bisnis atau baru mau memulai sebuah bisnis. Silahkan disimak!
Pencatatan (Arsip)
Langkah pertama adalah melakukan pencacatan terhadap data diri pelanggan. Memiliki arsip data diri pelanggan memudahkan dalam memberikan penawaran berupa harga promo, produk terbaru, dan juga informasi penting yang sebaiknya diketahui oleh pelanggan. Arsip tentang data diri pelanggan harus diupdate secara berkala, agar mengetahui perkembangan jumlah pelanggan dalam setiap bulan atau tahun tertentu.
Pembuatan asrip tentang data diri pelanggan dapat dibuat berdasarkan kategori tertentu, misalnya latar belakang pekerjaan, lokasi atau daerah tempat tinggal, atau berdasarkan usia. Hal ini perlu dilakukan agar target promosi bisa terarah dengan tepat. Misalnya ingin mengadakan atau mengikuti event di daerah tertentu maka kita bisa melihat berapa jumlah pelanggan yang ada di daerah tersebut. Jumlah pelanggan bisa menjadi pertimbangan dasar untuk mengikuti sebuah event atau tidak.
Bangun komunikasi
Mengelola database pelanggan bukan . dar melakukan pencacatan dan kategorisasi. Perlu tindak lanjut agar database tersebut memiliki arti penting bagi perkembangan usaha atau bisnis. Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan membangun komunikasi. Baik melalui media perantara seperti pesan singkat, telepon, atau pun surat elektronik (Email). Komunikasi juga bisa dilakukan secara langsung dengan melakukan kunjungan. Ingat bahwa perhatian sederhana yang diberikan kepada pelanggan akan memberikan efek tersendiri yang membuat pelanggan merasa betah untuk tetap berlangganan.
Salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan melakukan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Tidak perlu komunikasi intens layaknya seorang teman, cukup dilakukan dalam waktu tertentu. Tujuannya tentu adalah agar pelanggan merasa diperhatikan. Dampaknya bisa sangat positif yaitu pelanggan bisa merekomendasikan bisnis yang kita jalankan kepada teman, keluarga atau orang-orang yang dikenalnya.
Berikan promosi dan pelayanan prioritas
Promosi produk dan pelayanan prioritas merupakan salah satu hal yang paling disukai pelanggan. Bukan bermaksud membeda-bedakan, namun kita harus tahu pelanggan yang mana yang sebaiknya mendapatkan pelayanan prioritas. Perusahaan-perusahaan besar saat ini juga melakukan cara tersebut dan terbukti menghasilkan pelanggan yang loyal.
Berikan kartu identitas tertentu
Untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan prioritas kepada pelanggan tertentu maka bisa diberikan kartu identitas tertentu kepada pelanggan. Bahasa kerennya adalah kartu member (Member card). Pelanggan yang sudah memiliki kartu member artinya adalah pelanggan yang perlu mendapat perhatian khusus mulai dari pelayanan sampai komunikasi baik kunjungan maupun melalui media.
Untuk dapat mengembangkan bisnis maka perhatian pada database pelanggan harus jadi salah satu prioritas utama. Update database secara berkala dan penentuan target jumlah pelanggan setiap tahunnya harus menjadi agenda. Maka sebuah usaha yang dijalankan secara team work harus memposisikan salah satu dari rekan kerja pada bagian pengelolaan database.
Semoga tips bisnis kami tentang cara pengelolaan database pelanggan kali ini bermanfaat. Sukses terus bisnis yang anda jalankan.
Post in: Bisnis
Be the first person to like this.