wildan taufik
by on March 17, 2017
1,009 views
Gua liang bua adalah salah satu tempat wisata yang ada pulau flores. Gua liang ini adalah salah satu tempat yang sangat banyak dikunjungi oleh orang dari berbagai daerah di indonesia. Pulau flores tersebut, objek wisatanya sudah terkenal sampai mancanegara dengan banyak keindahan yang dimiliki oleh pulau tersebut. Tentunya objek wisata yang salah satu ini memiliki berbagai pemandangan yang sangat luar biasa dan memiliki banyak tempat yang sangat indah di dekat gua liang.
Objek wisata tersebut sudah ada sejak zaman dahulu sehingga sampai sekarang banyak perubahan-perubahan yang di buat menjadi lebih baik karena setiap liburan banyak para pengunjung yang datang ke tempat tersebut untuk melepas lelah dan mungkin saja tidak hanya untuk berlibur mereka juga bisa mencari sumber informasi atau sejarah lainnya yang masih belum diketahui banyak orang.
Para pengunjung yang datang ke tempat tersebut bisa melihat pemandangan sekitar gua liang dan tidak hanya itu juga mereka bisa bermain-main serta melihat bangunan-bangunan yang masih terlihat aneh dan jarang diteukan di pulau lain melainkan di pulau flores. Para pengunjung yang datang ke tempat tersebut akan disambut dengan pemandangan yang sangat indah dan juga ditemani dengan semilirnya angin yang sangat sejuk dan banyak lagi yang dapat dilihat oleh para pengunjung.
Gua liang ini memiliki berbagai bangunan atau seni yang terkandung dalam bangunan. Seni tersebut memiliki banyak arti makna untuk kehidupan yang lebih baik tentunya bisa menjadi bahan pelajaran bagi para pengunjung yang datang ke pulau flores. Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada zaman dahulu yang sampai sekarang gua liang tersebut menjadi berbentuk yang sangat unik dan menjadi bahan penelitian dari berbagai universitas arkeologi indonesia bahkan ada juga dari universitas luar negeri yang rela datang ke indonesia untuk meneliti situs tempat tersebut.
Nah tidak hanya itu, ada dari universitas australia yang datang ke gua liang untuk meneliti berbagai perubahan alam atau perbentukan bumi yang sangat signipikan terhadap bahan pembelajaran bagi para mahasiswa tentunya mahasiswa jurusan arkeologi. Di samping lain terdapat beberapa situs sejarah pembentukan gua yang masih aneh dan sampai sekarang banyak yang datang ke gua liang untuk meneliti keberadaan tempatnya serta tidak hanya digunakan sebagai bahan penelitian disana juga bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi para pengunjung yang datang ke pulau Flores Kupang, NTT.
Informasi akses jalan menuju kawasan situs sejarah dan objek wisata ini perjalanan dari berbagai daerah di tanah air bisa menggunakan pesawat menuju kota ende dengan waktu tempuh sekitar setengah jam, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju kota Ruteng dengan beberapa angkutan seperti kendaraan umum, kendaraan pribadi atau juga kendaraan sewaan dengan waktu tempuh sekitar empat jam dan kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan umum yang berjarak sekitar 13 km.
Tiket menuju kawasan ini tidak terlalu mahal dan bisa terjangkau oleh beberapa kalangan yang ada di indonesia. Jangan khawatir ketika berkunjung ke kawasan yang salah satu ini sudah ada fasilitas yang memadai dan bisa di jadikan sebagai tempat tujuan, seperti tempat makan, tempat istirahat, tempat bermain, tempat ibadah, tempat parkir dan tempat yang lainnya. Semua fasitas tersebut sudah tersedia di objek wisata dan penelitan Gua liang, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tengara Timur (NTT). Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Selamat berlibur !
Posted in: Pariwisata
1 person likes this.