sahrudi
by on October 25, 2016
937 views
Berkunjung ke pantai losari tanpa menikmati pisang epe, maka kunjungan anda tidak lengkap. Pantai losari bukan hana tentang sunset (matahari terbenam), mesjid terapung, atau juga pantai yang sudah didesain sedemikian rupa. Pantai losari juga tentang wisata kuliner yang siap memanjakan lidah anda.
Bagi anda yang berkunjung ke makassar dan ingin menikmati pantai losari. Maka silahkan datang sore hari. Anda akan disuguhi dengan keindahan matahari terbenam. Selain itu, adalah anda dapat menikmati kuliner khas makassar yaitu pisang epe.
Pisang epe di jual di sepanjang pinggiran jalan penghibur dan area sekitar pantai losari. Anda juga dapat menikmati pisang epe sambil duduk di pinggir pantai karena penjual pisang epe juga ada yang berada di dalam lokasi pantai. Jadi, pilihan ada di tangan anda, apakah ingin menikmatinya di area pantai atau di pinggir jalan.
Pisang epe dibuat dari pisang setengah matang (mengkal). Pisang tersebut dipanggang sampai matang. Setelah dipanggang pisang akan ditekang hingga gepeng (epe; dalam bahasa makassar adalah menekan sesuatu hingga gepeng). Jadi pisang epe adalah pisang yang sengaja di buat gepeng.
Pisang epe terus mengalami inovasi penyajian. Sampai saat ini kita bisa mencicipi berbagai macam rasa, misalnya cokelat keju, durian, gula merah, dan lain sebagainya. Pokoknya perpaduan rasa pisang dan campuran rasa sesuai pilihan akan benar-benar memanjakan lidah anda.
Jadi anda bisa bayangkan sebiji pisang yang dipanggang di atas bara api sampai matang. Kemudian di tekan hingga gepeng sehingga ada lubang-lubang pada pisang yang kemudian diisi dengan lelehan gula merah, ditambah dengan berbagai tambahan rasa misalnya durian keju, atau cokelat. Sungguh sangat nikmat apalagi jika disantap bersama teman sambil menikmati matahari terbenam.
Pisang epe yang sudah jadi akan disajikan di atas meja lengkap dengan sendok dan garpu. Meskipun pisang tidak terlalu besar anda tidak mungkin makan pisang ini seperti makan pisang pada umumnya. Anda perlu sendok dan garpu. Lelehan gula aren dan juga penambah rasa akan
Harga pisang epe sendiri bervariasi. Tergantung dimana anda membelinya. Namun kisaran harganya sangat ramah di kantong yaitu sekitar 15.ooo sampai 25.000 satu porsi. Jadi, tidak perlu khawatir dengan harga tersebut anda dijamin puas dengan rasanya.
Satu porsi pisang epe terdiri dari dua buah pisang. Namun anda bisa meminta lebih dari dua, jadi tergantung dari anda. Selain itu anda juga dapat menikmati pisang epe dengan berbagai aneka jus atau cukup dengan air mineral apabila anda tidak ingin mencampur rasa manis khas gula aren dengan rasa manis pada jus.
Nah bagi anda yang berkunjung ke kota makassar. Anda wajib mengunjungi pantai losari dan sajian pisang epe.
Posted in: Pariwisata
Be the first person to like this.