Khipti Fatimah
by on November 21, 2016
918 views
Mau berwisata ke tempat-tampat menakjubkan tapi kantong pas- pasan?
Tenang....ada 5 tempat wisata alam terbaik di Asia lho.
Ke-lima tempat wisata ini menawarkan berbagai keindahan yang luar biasa tapi tak akanmenguras isi kantong anda. Alias, tidak perlu banyak uang untuk bisa menikmatinya. Karena untuk bisa sampai dan menikmati tempat wisata ramah lingkungan ini , kamu tidak perlu menyisihkan budget yang besar. Kelima tempat wisata itu adalah:
1. Nihiwatu, Pulau Sumba, Indonesia
Tempat wisata alam ini terletak dekat dengan pantai di pulau Sumba ini adalah salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Disana ada 12 vila yang dikelilingi oleh hutan tropis, persawahan berbentuk terasering, dan padang rumput yang hijau. Nihiwatu memang sengaja didesign sebagai lokasi tujuan wisata yang mewah dan dilindungi.
Bahan bakar yang digunakan di desa ini berasa dari pengolahan daging kelapa yang sisa pembuangan produksinya dialirkan kekebun para penduduk . Menu makanan disana diambil dari kebun organik, ikan segar, serta ternak ayam dan telur milik penduduk sekitar.
2. Song Saa – Koh Rong Archipelago, Cambodia
Resor mewah pertama yang dibuka di lepas pantai selatan Kamboja, Song Saa dibangun di dua pulau saling berdampingan yang disebut "The Sweethearts" dalam bahasa Khmer. Pulau-pulau yang dihubungkan oleh sebuah jembatan laut, resor ini diciptakan untuk melestarikan terumbu dan kehidupan laut di sekitarnya.
Song Saa memanfaatkan dan mendaur ulang semua air yang digunakan di pulau ini. Bahkan, banyak vila-vila dan furniture yang dibangun menggunakan kayu apung dan kayu daur ulang dari perahu nelayan Kamboja yang sudah tua. Terdapat, 27 vila dengan kolam renang terbaik dan sangat cocok untuk pasangan yang akan berbulan madu.
3. Soneva Fushi – Baa Atoll, Maldives
Pulau ini adalah tempat termewah bagi pejalan kaki di Maladives. Bersepeda melewati kebun sayur yang subur dengan udaranya yang begitu sejuk, kamu akan sangat terkesan begitu pertama kali kamu sampai di tempat ini. Di Soneva Fushi, ada banyak tanaman sayuran organik dan ada juga daerah pembuangan limbah tempat mendaur ulang benda bekas pakai.
Baa Atoll sekarang diakui sebagai Cagar Biosfir UNESCO karena disinilah tempat mereka belajar dan mengembangkan daerah ini. Semua resort disini, telah 100% mandiri dalam produksi air. Pada tahun 2008 mereka melarang impor air mineral dari luar dan hanya menggunakan air minum Soneva produksi sendiri yang dimasukkan dalam botol kaca . botol itu nanti akan digunakan kembali untuk diisi air minum asalkan kondisinya masih sesuai standar. Disini juga ada restoran berkonsep astronomi dimana kamu bisa makan sambil menikmati keindahan luar angkasa dari bumi.
4. El Nido Pangulasian – Palawan, Philippines
Pangulasian memiliki perairan yang paling murni dan jernih di Filipina, dan Pangulasian adalah resor terbaik dari empat resor El Nido yang tersebar di pulau-pulau di daerah ini. El Nido Resorts memanage sendiri pabrik pengolahan limbah sendiri tanpa harus dibuang ke laut dan menyeleksi limbah plastik, sampah organik, kertas sebaik mungkin sebelum mengirimnya untuk didaur ulang.
Tempat ini menampung dan menyimpan air hujan untuk digunakan di kamar tamu dan staf. Wisata air yang ditawarkan pun cuma kayaking dan snorkeling, tidak ada peralatan bermesin atau kendaraan bermotor disana. Kehidupan laut di perairan sekitar resor menjadi daya tarik tempat ini. Bahkan kamu bisa melihat hiu didepan kolam renang vilamu.
5. Misool Eco Resort – Raja Ampat, Indonesia
Raja Ampat adalah salah satu pulau dari 1.500 pulau-pulau kecil di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Misool Eco Resort adalah sebuah resor menyelam eksklusif yang terletak di salah satu pulau-pulau kecil itu. Indah dan sangat terpencil, bahkan nelayan lokal dari sekitar pulau-pulau ini tidak yakin bagaimana cara untuk sampai ke sana, Misool Eco Resort menyediakan salah satu pengalaman menyelam terbaik di dunia.
Misi utama Misool ini untuk memberdayakan masyarakat lokal merebut kembali kepemilikan terumbu tradisional mereka dan melindungi wilayah laut sangat kaya akan keanekaragaman hayati untuk generasi mendatang. Resor ini seluruhnya dibangun dari kayu keras tropis sebagai lambang pedesaan yang mewah dengan kamar mandi udara terbuka dan mebel serta dekorasi buatan tangan. Salah satu hal yang paling menarik disini adalah jalan yang mengarah langsung ke perairan dari vila yang menyejukkan dan tempat tidur gantung yang dibangun langsung ke beranda.
Menakjubkan bukan? Tunggu apalagi. Atur jadwal liburanmu dan segera kunjungi tempat-tempat wisata alam luar biasa ini.
Sumber Lifestyleasia
Posted in: Pariwisata
Be the first person to like this.