by on March 17, 2017
1,000 views
Saat mendengar kata Perang, maka hal yang terlintas di benak kita adalah mengenai situasi di mana terdapat banyak mayat atau korban perang berjatuhan. Meskipun demikian, ternyata tak semua perang yang pernah terjadi di dunia seperti itu. Menurut fakta sejarah, ternyata ada perang yang bisa digolongkan sebagai perang yang cukup unik. Apa sajakah itu? Daripada kamu penasaran, langsung saja cek daftar perang unik berikut.
Perang Anglo-Zanzibar (perang tersingkat sepanjang sejarah, yakni selama 40 menit saja)
Perang yang terjadi antara Zanzibar dan Inggris yang berlangsung pada tanggal 27 Agustus 1896 tersebut memang hanya berlangsung selama 40 menit saja. Dalam perang ini, terdapat 500 korban yang jatuh di pihak Zanzibar. Sedangkan pihak Inggris sendiri hanya kehilangan satu prajurit saja.
The Pig War
Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah perang ini dilakukan antar babi? Tentu saja tidak.!! Ini adalah perang yang dipicu karena tertembaknya satu ekor babi. Whaat..!! ya, memang itu alasannya. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1859 antara Inggris dan Amerika. Adapun alasan sebenarnya hingga perang bisa meletus adalah karena terdapat perselisihan untuk memperebutkan Pulau San Juan. Dan seperti namanya, dalam perang ini tak ada yang terluka. Satu-satunya korban yang jatuh adalah seekor babi. Hahaha. Unik juga ya..
Perang Selama 335 Tahun (dan tak ada korban)
Ya, perang yang satu ini memang bisa dinobatkan sebagai perang terlama yang pernah berlangsung hingga saat ini. Perang ini terjadi antara Belanda dan Kepulauan Scilly. Tahun terjadinya perang adalah mulai tahun 1651 hingga tahun 1986. Meski demikian, akhirnya perang berakhir dengan munculnya perjanjian damai pada 1986.
Perang Moldovan-Transdniestrian
Kronologi dari perang ini adalah terjadinya permusuhan antar perwira yang pada akhirnya berbeda negara pasca runtuhnya Uni Soviet. Mereka pun berperang selama berhari-hari. Seperti yang kita tahu bahwa pasca runtuhnya Uni Soviet, dua pertiga bagian dari Moldova ingin agar bisa masuk ke Rumania. Sementara yang lainnya ingin agar bisa masuk ke Rusia dan Ukraina.
Perang yang satu ini juga disebut perang ‘mabuk’. Kenapa? Karena saat malam hari tiba, para perwira yang berperang berkumpul dan minum bersama hingga mabuk. Lantas pagi harinya hingga sore mereka kembali berperang. Sedangkan hingga saat ini, wilayah yang disebut dengan Transdniestria seolah dihapuskan dari dunia dan memang tidak ada saat ini.
Great Emu War (perang melawan unggas)
Perang yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai perang yang cukup aneh. Hal ini karena operasi militer benar-benar dilancarkan oleh pasukan Militer Australia, yang pada tahun 1932 masih berada di bawah kendali Inggris, untuk berperang dengan kawanan burung. Perang ini dipimpin oleh Mayor Meredith.
Fakta sejarah mencatat bahwa para tentara Australia menghabiskan hingga 10.000 peluru dengan menggunakan senapan mesin. Meski demikian, sebagian besar dari burung tersebut berhasil melarikan diri. Adapun total burung yang terbunuh adalah sebanyak 20.000 burung. Jumlah tersebut masih jauh dari target Mayor Meredith. Akhirnya menteri pertahanan memutuskan untuk menyuruh pasukan agar mundur. Akhirnya Great Emu War berakhir dengan kemenangan para unggas.
Demikian beberapa fakta unik tentang perang yang terjadi di dunia. Meskipun terdengar lucu, namun perang adalah hal yang sangat menakutkan. Dan mungkin saja perang-perang unik yang terjadi di atas tidak akan pernah terulang kembali. Semoga bermanfaat.
Posted in: Hiburan/ Film
Be the first person to like this.