by on January 15, 2015
928 views
Vaksin Flu Cegah Bayi Lahir Prematur

Pemberian vaksin flu kepada ibu hamil tidak hanya melindungi si ibu dari penyakit flu tapi juga berpotensi untuk mencegah janin lahir dengan berat badan kurang atau lahir prematur.

Fakta bahwa vaksin flu dapat mencegah bayi lahir prematur, pernah dibuktikan oleh Canadian Medical Association Journal dalam penelitian yang melibatkan 340 ibu hamil di Bangladesh.

Semua responden memasuki usia kehamilan trimester tiga. Mereka dibagi dalam dua kelompok, separuh mendapatkan vaksin flu sedangkan separuhnya mendapatkan vaksin yang tidak melindungi mereka dari serangan flu.

Hasilnya, saat musim flu tiba, peneliti menemukan bahwa kelompok ibu hamil yang mendapatkan vaksin flu hanya 26 persen yang memiliki janin berukuran kecil, sedangkan kelompok ibu hamil yang tidak mendapatkan vaksin flu, 45 persen memiliki janin berukuran kecil.

Tingkat kelahiran bayi prematur dalam kelompok ibu hamil yang mendapatkan vaksin flu juga lebih rendah dibandingkan kelompok ibu hamil yang tidak mendapatkan vaksin flu.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi flu agar janin anda tidak lahir dengan berat badan kurang atau lahir prematur.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.