by on January 27, 2015
1,199 views
Cara Alami Mengobati Sariawan

Dalam dunia kedokteran sariawan dikenal dengan Stomatitis yaitu peradangan yang terjadi di daerah sekitar mulut atau lidah. Sariawan bukanlah penyakit yang berat seperti kanker tetapi dalam kondisi tertentu sariawan sangat mengganggu dalam aktifitas sehari hari, bahkan bisa menyebabkan rasa sakit pada saat makan.

Di dunia medis sudah banyak tersedia obat-obatan untuk penderita sariawan baik berupa vitamin ataupun obat khusus sariawan. Keberhasilan dari obat tersebut juga berbeda pada sebagian orang, ada yang cepat, sedang, dan ada juga yang memiliki reaksi begitu lama.

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya dengan aneka ragam tumbuhan. Tumbuhan tersebut tidak hanya sebagai paru-paru dunia melainkan ada beberapa tumbuhan yang memiliki khasiat dalam pengobatan. Berikut merupakan beberapa tanaman yang digunakan sebagai obat sariawan yang menurut pengalaman penulis memiliki tingkat keberhasilan yang lumayan. Mungkin bagi yang belum berhasil dengan pengobatan kimiawi bisa mencoba cara pengobatan herbal / alternatif berikut :

1. Daun/ Pucuk jambu biji
Jambu biji atau Psidium guajava merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan ini mempunyai buah bewarna hijau ( masih muda ) dan bewarna kuning jika sudah masak pada bagian luar. Sedangkan isi bewarna putih dan ada juga yang bewarna merah. Adapun cara mengobati sariawan dengan daun jambu biji sebagai berikut :
- Ambil daun jambu yang masih muda ( pucuk yang sudah bewarna hijau )
- dihaluskan ( bisa dengan dikunyah ) lalu posisikan di bagian yang terkena sariawan selama 5 menit
- lakukan langkah tersebut tiga kali dalam sehari


2. Daun keduduk
Keduduk merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan ini banyak dijumpai di hutan dengan buah bewarna ungu kehitaman. Pada saat matang buah keduduk bisa dikosumsi dengan rasa enak. Untuk mengobati sariawan dengan daun keduduk sebagai berikut :
- Ambil daun yang masih muda
- Dihaluskan ( bisa dengan dikunyah ) lalu posisikan di bagian yang terkena sariawan selama 5 menit
- Lakukan langkah diatas tiga kali dalam sehari
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.