Eka Febriyani Khasanah
by on April 28, 2015
1,412 views
Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan asam urat. Asam urat yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Uric Acid merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat purin di dalam tubuh. Selain disebabkan oleh faktor keturunan, penyakit asam urat juga dipicu oleh faktor makanan. Telalu banyak mengkonsumsi makanan manis, kacang-kacangan , jeroan, sayur bayam, buncis, kol dan makanan berprotein tinggi lainnya memicu timbulny asam urat. Sisa metabolisme zat purin yang berlebihan tidak mampu lagi disaring oleh ginjal sehingga akan menumpuk di dalam persendian dan menyebabkan asam urat.

Kadar asam urat normal pria 3,5 - 7 mg/dl sedangkan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl. Apabila kadar asam urat melebihi jumlah tersebut maka anda mengalami penyakit asam urat. Gejala asam urat ialah rasa nyeri pada bagian persendian ketika digerakkan terutama pada bgian jari-jari kaki, lutut, tumit dan juga pergelangan tangan. Asam urat tidak boleh dipandang sebelah mata dan harus segera diobati. Apabila kandungan asam urat seseorang terlalu tinggi dapat menyebabkan kaki penderita bengkak dan berwarna merah sehingga penderitanya tidak bisa berjalan seperti orang normal.

Umumnya orang yang menderita asam urat juga akan mengalami penyakit lain, seperti hipertensi atau darah tinggi, stroke,reumatik dan juga batu ginjal atau gagal ginjal.
Orang yang berusia di atas 40 tahun cenderung lebih beresiko menderita asam urat karena penumpukan zat purin di dalam persendianya sudah terlalu banyak. Ada beberapa cara untuk mengobati asam urat, salah satunya dengan memanfaatkan daun salam sebagai obat herbal asam urat.

Daun salam atau Eugenia polyanta selain digunakan sebagai penyedap makanan, daun salam juga berkhasiat untuk mengobati asam urat. Daun salam mengandung minyak atsiri, tannin, flavonoid, dan mengandung sedikit vitamin B kompleks dan vitamin C yang berkhasiat mengobati asam urat.

Cara memanfaatkan daun salam sebagai obat asam urat juga sangat mudah. Cuci bersih 10-15 daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan ½ gelas. Minum air ebusan daun salam selagi masih hangat secara rutin pada pagi dan malam hari. Anda dapat memanfaatkan daun salam yang masih segar ataupun yang sudah kering.

Memanfaatkan daun salam sebgai obat herbal tentu akan menghemat biaya jika dibandingkan dengan membeli obat-obatan dari dokter. Selain itu obat herbal daun salam juga aman karena tidak memberikan efek samping bagi tubuh.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.