Eka Febriyani Khasanah
by on March 30, 2015
989 views
Tips Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang


Sebagian orang akan merasa mengantuk setelah menyantap makan siangnya. Kondisi ini tentu bukan kondisi yang normal karena usai makan siang seharusnya tubuh kembali segar dan siap untuk melanjutkan aktivitasnya. Rasa ngantuk yang datang setelah makan siang menandakan tubuh menginginkan istirahat, padahal anda sedang bekerja atau beraktivitas dan sangat tidak memungkinkan untuk beristirahat. Rasa ngantuk dapat mengganggu konsentrasi anda sehingga anda tidak dapat melanjutkan aktivitas dengan maksimal.
Apabila anda selalu mengantuk setelah makan siang padahal malam harinya anda cukup tidur, mungkin tubuh anda mengalami gangguan seperti pengaruh neuro atau kekurangan enzim dan hormon tertentu.
Bagi anda yang sering mengantuk usai makan siang, berikut beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi rasa mengantuk anda.
Tips mengatasi ngantuk usai makan siang :
a. Konsumsi karbohidrat kompleks
Umumnya saat makan siang orang memilih nasi sebagai pengisi perutnya yang lapar. Sebaiknya anda memilih karbohidrat kompleks sebagai menu makan siang anda. Makanan yang mengandung karbohidrat komplek akan memproduksi glukosa dalam tubuh sehingga tubuh tetap segar dan bugar usai makan siang. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan protein. Protein dan zat besi akan meningkatkan produksi hemoglobin di dalam tubuh sehingga akan memperlancar peredaran oksigen ke dalam sel-sel tubuh.
b. Konsumsi buah dan sayur
Sebaiknya anda mengkonsumsi buah segar sebelum menyantap makan siang. Buah segar mengandung gula alami yang akan memberikan energi pada tubuh. Anda juga disarankan untuk memasukkan sayuran ke dalam menu makan siang anda. Energi yang diberikan buah dan sayur tidak cepat habis sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.
c. Kurangi konsumsi lemak dan gula
Lemak dan gula dapat membuat tubuh cepat mengantuk. Selain itu energi yang diberikan oleh lemak dan gula cepat habis sehingga anda akan cepat merasa lapar kembali.
d. Perbanyak konsumsi air putih
Rasa kantuk juga disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan (dehidrasi). Sangat disarankan bagi anda untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih di siang hari agar tuuh tidak mengalami dehidrasi sehingga terhindar dari rasa ngantuk.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.