sahrudi
by on September 4, 2015
9,609 views
Perubahan kurikulum pendidikan bisa saja berganti setiap tahun. Sistem pembelajaran juga boleh saja semakin kreatif, namun ada satu hal yang tidak bisa terlupakan dalam metode pembelajaran di sekolah yaitu diskusi. Metode ini meskipun tidak semua siswa senang pada awalnya namun berdampak sangat baik bagi siswa ke depannya.
Melalui diskusi siswa bisa akan terbiasa berbicara di depan umum. Tidak bisa dipungkiri bahwa berbicara di depan umum merupakan salah satu pekerjaan yang sering menghadirkan demam panggung. Oleh karena itu melalui metode diskusi siswa akan belajar bagaimana cara menyampaikan sebuah gagasan kepada orang lain. Siswa akan diajarkan menyusun sebuah kalimat informatif kepada orang banyak. Belajar meyakinkan orang lain dengan ide yang dimilikinya tentu dengan penguatan fakta-fakta atau teori sebagai pendukung.
Metode diskusi juga akan mengajarkan kepada siswa tentang cara menghargai perbedaan pendapat. Dalam kehidupan sosial perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dan lumrah. Sebelum terjun pada kehidupan sosial yang lebih luas dan membahas persoalan yang lebih kompleks dan rumit siswa harus memiliki bekal diskusi dari sekolah.
Selain itu siswa juga akan berusaha untuk memahami materi secara utuh agar bisa menyampaikannya secara lisan. Untuk melakukan diskusi yang baik maka hal pertama yang perlu dipahami adalah materi yang akan didiskusikan. Materi adalah kunci dari jalannya diskusi, karena tanpa materi akan sia-sia kecerdasan seseorang meskipun pandai dalam menyusun kalimat atau pandai meyakinkan orang lain tetapi kalau materinya tidak dipahami maka siswa tidak akan bisa berbicara banyak.
Ada satu bagian yang tak kalah pentingnya adalah posisi moderator. Moderator yang bertugas untuk mengatur jalannya diskusi akan mendapatkan pengalaman berharga. Moderator akan belajar untuk mengkondisikan situasi apabila terjadi perbedaan pendapat dan peserta diskusi berlomba-lomba untuk bicara. Moderator akan memberikan kesimpulan pada saat diskusi berakhir.
Posted in: Pendidikan
Be the first person to like this.