Eka Febriyani Khasanah
by on April 22, 2015
1,132 views
Aneka Jus yang Bisa Mengatasi Anemia

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan anemia. Anemia merupakan penyakit dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau eritrosit sehingga kadar hemoglobinnya menjadi rendah. Munculnya anemia dipicu oleh kurangnya mengkonsumsi zat besi dan asam folat. Zat besi dan asam folat merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga agar kondisi darah tetap sehat dan stabil. Gejala anemia ialah tubuh terlihat letih, lemah, lesu dan tidak bergairah.

Wanita cenderung lebih beresiko menderita anemia dibandingkan dengan pria, hal ini dipicu oleh kebiasaan beberapa wanita yang melakukan diet tanpa memperhatikan kebutuhan gizi dari makanan yang dikonsumsinya. Orang yang sudah lanjut usia juga beresiko menderita anemia akibat menurunnya kemampuan sumsum tulan belakang untuk memproduksi sel darah merah.

Zat besi dan asam folat banyak dijumpai pada buah dan sayuran segar, seperti bayam, mangga, anggur, melon, dan juga alpokat. Rutin mengkonsumsi sayur bayam dan buah-buahan segar mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mengatasi anemia. Selain itu, anda juga dapat membuat jus dari beberapa buah tersebut. Selain mengatasi anemia jus ini juga memberikan kesegaran pada tubuh saaat dikonsumsi di siang hari yang terik. Jus buah ini aman dikonsumsi oleh siapa saja baik wanita ataupun pria dari berbagai usia. Bagi anda yang tidak menderita anemia mengkonsumsi jus buah ini akan membuat tubuh menjadi sehat, segar dan bugar.

Berikut beberapa resep jus untuk mengatasi anemia :
1. Jus anggur mangga melon
bahan :
a. 50 gram anggur yang sudah dibuang bijinya
b. 50 gram mangga
c. 50 gram melon
c. ½ gelas air matang
d. 2 sendok makan sirup
e. Es batu secukupnya
Cara membuat :
a. Masukkan buah-buahan beserta sirup dan air matang ke dalam blender kemudian haluskan.
b. Tuangkan jus buah tersebut ke dalam gelas dan tambahkan es batu agar lebih segar
c. Jus buah siap disajikan

2. Jus alpukat mangga alpokat
Bahan :
a. 50 gram mangga
b. 50 gram alpukat
c. ½ gelas air matang
d. ½ gelas susu cair
e. sirup gula dan es serut secukupnya
Cara membuat :
a. Masukkan alpukat beserta susu cair dan sirup ke dalam blender dan haluskan kemudian tuangkan ke dalam gelas.
b. Masukkan mangga beserta air putih dan sirup ke dalam belender dan haluskan kemudian tuangkan ke dalam gelas jus alpukat dan tambahkan es serut agar lebih segar.
c. Jus alpukat mangga siap disajikan

3. Jus melon alpokat
Bahan :
a. 50 gram melon
b. 50 gram daging buah alpokat
c. ½ gelas susu cair
d. sirup dan esserut secukupnya.
Cara membuat :
Masukkan melon, alpokat, susu cair, dan sirup ke dalam blender dan haluskan, kemudian masukkan ke dalam gelas saji dan tambahkan es serut agar lebih segar. Jus melon alpokat siap dinikmati.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.