Eka Febriyani Khasanah
by on April 8, 2015
1,794 views
Cara Mengobati Maag dengan Kunyit

Maag atau gastritis merupakan penyakit yang menyerang lambung dan dapat mengganggu proses pencernaan. Penderita maag akan mengalami kenaikan asam lambung yang menyebabkan sakit pada bagian lambung disertai rasa perih dan mulas.

Adapun penyebab sakit maag :
1. Pola makan yang tidak teratur
2. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, makanan pedas dan makanan yang rasanya asam
3. Mengkonsumsi minuman berkafein sebelum makan nasi
4. Stess
5. Kelelahan dan kurang istirahat
6. Merokok

Banyak obat maag yang dijual di apotek. Obat maag ini berguna untuk menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri pada lambung. Tetapi, mengkonsumsi obat maag secara terus menerus tentunya akan memberikan efek samping.

Alangkah baiknya jika memanfaatkan bahan alami sebagai obat herbal untuk mengobati sakit maag, selain harganya yang relatif murah obat herbal tentu tidak memberikan efek samping. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai obat herbal sakit maag adalah kunyit.

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Kunyit mengandung suatu zat anelgesik yang mampu mengatasi rasa nyeri pada lambung. Ada beberapa cara pengolahan kunyit sebagai obat maag, diantaranya :
Cara 1 :
Cuci bersih dua buah kunyit yang berukuran jari telunjuk orang dewasa, kemudian parut kunyit dan tambahkan 1 gelas air matang. Peras air kunyit menggunakan kain bersih kemudian saring air perasan kunyit dan diamkan beberapa saat. Minum air perasan kunyit secara rutin dua kali sehari yaitu sebelum sarapan dan sebelum tidur.
Cara 2 :
Ambil dua batang kunyit yang berukuran jari orang dewasa lalu cuci bersih dan buang bagian kulitnya. Parut kunyit dan tambahkan dua gelas air kemudian rebus hingga menyisakan 1 gelas air. Saring air rebusan kunyit dan biarkan hingga dingin. Tambahkan dua sendok makan madu asli ke dalam air kunyit tersebut dan aduk rata. Minum air perasan kunyit secara rutin pada pagi dan malam hari.
Cara 3 :
Ambil beberapa batang kunyit lalu cuci bersih. Potong-potong kunyit menjadi beberapa bagian lalu tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Minumlah air rebusan kunyit secara rutin setiap pagi dan malam hari.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.