by on February 9, 2015
1,007 views
Sauna Perburuk Kualitas Sperma

Berendam air panas dan sauna memang bisa menyegarkan tubuh. Tapi kebiasaan yang bisa meningkatkan suhu testis ini tak perlu dilakukan sering-sering. Sebab, keseringan berendam air panas dan sauna, berpotensi memperburuk kualitas sperma.

Pembentukan sperma di testis terjadi pada suhu 2-4 derajat Celcius lebih rendah daripada suhu tubuh. Itu sebabnya, berbagai kegiatan yang dapat menaikkan suhu testis, termasuk suka berendam air panas dan sauna dapat mengganggu pembentukan sperma.

Selain itu, masih ada sejumlah kebiasaan yang terkesan remeh tapi bisa berimplikasi serius bagi kualitas sperma pria karena mendongkrak suhu testis. Misalnya sering memakai celana dalam yang ketat atau memangku laptop saat bekerja.

Tentang bahaya laptop yang diletakkan di pangkuan, penelitiannya pernah dilakukan oleh tim dari State University of New York, beberapa waktu lalu. Pria yang bekerja dan memangku laptop satu jam bisa menaikkan suhu skrotum (pembungkus testis) sekitar 2,7 derajat Celcius. Padahal penelitian sebelumnya menyatakan kenaikan satu derajat Celcius suhu skrotum akan mempengaruhi kesehatan sperma.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.