Nur Rokhanah
by on April 8, 2015
2,128 views

Cara Melakukan Pijat untuk Buah Hati di Rumah

Pijatan lembut secara langsung dari tangan bunda sangat bermanfaat untuk buah hati Anda, terutama untuk mempererat tali kasih antara bunda dan sang buah hati. Namun, banyak para bunda dan calon bunda yang belum memahami cara melakukan pijat bayi dengan baik dan benar sehingga mereka takut salah dan kebanyakan bunda memilih untuk membawa buah hatinya ke tempat baby spa untuk memijat buah hatinya. Banyak juga para bunda yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tak memiliki waktu luang untuk memanjakan buah hatinya dan memilih tempat baby spa sebagai alternatif terakhir. Memijat buah hati bunda dengan tangan sendiri di rumah, selain merekatkan hubungan antara bunda dan sang buah hati, juga bisa untuk menghemat pengeluaran tentunya.

Memang tempat baby spa sangat bagus dan profesional, belum lagi berbagai fasilitas yang disediakan juga menarik minat para bunda yang takut melakukan pijat bayi sendiri di rumah atau bahkan untuk bunda yang sibuk dengan pekerjaannya. Namun, perlu diingat, memijat bayi di tempat baby spa juga akan membuat bunda kehilangan satu manfaat dari baby spa itu sendiri, yaitu manfaat secara psikologis untuk buah hati Anda, agar buah hati Anda lebih dekat dengan Anda karena merasakan sentuhan lembut dari tangan bunda.

Namun jangan khawatir, berikut ini adalah ulasan mengenai cara melakukan pijat bayi yang baik dan benar untuk bunda yang ingin memberikan pijatan pada buah hati di rumah secara langsung dengan tangan bunda.

Memijat bayi dibagi menjadi beberapa tahap tentunya, berikut ini adalah tahap-tahap memijat buah hati.


  1. Tahap Persiapan
    1. Bersihkan Tangan
      Sebelum memijat buah hati Anda, bunda perlu membersihkan tangan bunda dengan cara mencuci tangan. Selain itu, bunda juga harus memastikan tak ada perhiasan ataupun kuku panjang di tangan bunda yang bisa melukai kulit bayi. Ingat bunda, kulit buah hati Anda sangat halus dan sensitif.
    2. Siapkan Tempat
      Tempat untuk memijat buah hati biasanya dilakukan di kamar. Pastikan kamar tersebut bersih dari debu yang bisa mengganggu pernapasan bayi. Selain itu, bunda juga perlu mengatur suhu di kamar tersebut agar menjadi hangat. Suhu yang terlalu dingin akan membuat bayi sakit, sementara suhu panas biasanya akan membuat buah hati Anda rewel karena banyak mengeluarkan keringat.
    3. Atur Waktu yang Tepat
      Pemijatan pada buah hati Anda sebaiknya dilakukan ketika buah hati Anda tidak sedang berada dalam keadaan lapar, namun juga jangan memberikan pijatan ketika buah hati Anda baru selesai makan. Atur jeda waktu makan dan waktu pemberian pijatan untuk buah hati Anda.
    4. Hindari Gangguan
      Selama proses pemijatan, usahakan bunda menghindari hal-hal yang bisa mengganggu proses pemijatan buah hati Anda.
    5. Atur Posisi yang Tepat
      Posisi juga berpengaruh selama proses pemijatan, maka posisi yang tepat dan nyaman tentu sangat dibutuhkan. Posisi buah hati Anda sebaiknya dibaringkan di atas kain yang rata, lembut juga bersih. Dengan demikian, bayi Anda akan merasa nyaman. Kemudian bunda duduk dalam posisi yang nyaman bagi bunda. Sebelum memijat, berusahalah untuk berkomunikasi dengan buah hati Anda. Katakan pada buah hati bunda bahwa bunda akan memijatnya sambil membelai wajah dan kepalanya. Meskipun kelihatannya bayi belum bisa berkomunikasi, namun mengajak komunikasi buah hati Anda akan melatih daya tangkapnya.
  2. Tahap Pemijatan
    1. Kaki
      Untuk memijat pada bagian kaki buah hati Anda, mulailah dengan memegang kaki buah hati Anda pada pangkal paha persis seperti cara memegang pemukul softball. Kemudian gerakkan tangan bunda ke bawah secara bergantian seperti memerah susu dan putar.
      Pegang pangkal paha dengan tangan secara bersamaan memeras dan memutar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki. Selanjutnya, telapak kaki diurut dengan dua ibu jari bunda secara bergantian mulai dari tumit ke seluruh telapak kaki. Pijat jari kaki satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak, diakhiri tarikan lembut di tiap ujung jari. Kemudian, peras dan putar pergelangan kaki buah hati bunda dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki buah hati bunda dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.
    2. Perut
      Untuk memijat bagian perut, mulailah memijat perut buah hati bunda dari atas ke bawah seperti gerakan mengayuh sepeda. Pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik.
    3. Dada
      Untuk memijat dada buah hati Anda, lakukan dengan cara membuat gerakan ke atas sampai dengan bawah leher lalu ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka bayi membentuk gambar jantung lalu kembali ke ulu hati. Gerakan diagonal di dada (huruf X) dari kiri ke kanan.
    4. Lengan
      Untuk memijat bagian lengan, lakukan dengan cara memeras dan memutar dengan kedua tangan dengan lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan buah hati bunda. Pijat telapak tangan buah hati dengan ibu jari mulai telapak hingga jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.
    5. Wajah
      Untuk memijat wajah buah hati bunda, mulailah dengan meletakkan ibu jari Anda diantara alis mata si bayi. Pijat dengan ibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata. Pijat dari pertengahan alis turun ke bawah melalui samping lipatan hidung.
    6. Punggung
      Untuk memijat bagian punggung, lakukan dengan cara menengkurapkan buah hati bunda secara melintang. Pijat punggung dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari mulai batas punggung sampai dengan pantat si bayi.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.