sahrudi
by on February 10, 2015
1,513 views

Tiga Langkah Memulai Usaha

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kita untuk kreatif dalam menjalani hidup. Realitas telah berbicara lantang bahwa banyak orang cerdas (Ukuran ijasah dari tingkat pendidikan) telah tergerus oleh zaman. Mulai dari tamatan SMA/Sederajat sampai sarjana telah memperpanjang antrian dalam pencarian lowongan kerja. Hal ini tentu menjadi sebuah keresahan dalam diri apabila kita adalah salah satu dari mereka atau mungkin akan segera menamatkan pendidikan dalam waktu dekat. Solusi untuk menghindari hal itu tentu banyak tetapi tidak semua bisa dibenarkan secara hukum agama, adat dan juga hukum positif di negara ini. Untuk mereka yang tidak sabar bisa saja mengambil jalan pintas untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, sedangkan yang masih memainkan pertimbangan nurani akan tetap beridiri dalam antrian dan menunggu panggilan yang entah sampai kapan.

Salah satu solusi dari permasalahan tersebut yang paling rasional melihat kondisi sekarang ini adalah dengan mengandalkan kreatifias yang tersimpan dalam diri. Harus disadari bahwa semua manusia pada hakikatnya mempunyai kreatifitas hanya saja karena kesibukan atau rasa tidak percaya diri kreatifitas itu tertidur. Tapi dalam kondisi seperti ini maka sudah sebaiknya kreatifitas itu mulai dibangunkan. Percaya pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang bermafaat baik itu secara materi dan moril. Kita bisa menghasilkan sesuatu dengan mengandalkan kemampuan yang ada dalam diri.

Ketika kesadaran itu telah muncul maka sudah seharusnya kita membangun sebuah usaha sendiri dengan modal kreatifitas yang kita miliki. Apapun kreatifitas kita dan seperti apapun pangsa pasar yang mungkin kita dapatkan dalam membangun sebuah bisnis berikut ini ada lima tips dalam menjalankan bisnis bagi pemula:


  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apa yang bisa kita lakukan (Kreatifitas) ini bisa saja lahir karena hobby atau karena memang melihat peluang yang ada di daerah tempat kita tinggal dan kita merasa punya kemampuan tersebut. Misalnya kita baru saja menamatkan kuliah sarjana s1 (Stara satu) dan merasakan bahwa proses penyelesaian study membutuhkan banyak biaya berupa print skripsi sampai beberapa kali karena ditolak pada saat bimbingan. Tempat tinggal kita berada pada lingkungan tempat kost mahasiswa maka kita dapat memamfaatkan hal ini sebagai sebuah peluang untuk membuka jasa print untuk mahasiswa.

  2. Langkah kedua adalah modal, hal ini sangat penting karena ini diperlukan untuk mendatangkan perlengkapan serta sarana dan prasarana penunjang usaha. Hitunglah modal dengan cara paling bijak agar semua kebutuhan bisa terpenuhi sesuai modal awal yang dimiliki atau paling tidak memenuhi hal-hal utama yang perlu ada selanjutnya untuk keperluan yang lain bisa dilengkapi seiring dengan berjalannya usaha. Bagi yang punya modal banyak tentunya mudah saja dalam menentukan sebuah usaha yang akan dibangun tetapi bagi yang bermodal minim maka perlu sebuah perhitungan yang sangat detail terhadap harga barang yang akan dibeli untuk melengkapinya. Sebagai contoh usaha jasa print tadi kebutuhan paling urgen tentunya adalah komputer, printer, tinta, dan kertas. Kita bisa menghitung modal untuk mendatangkan semua barang tersebut kalau modal mencukupi maka kita bisa membeli semua perlengkapan yang baru tetapi ketika modal kita kecil maka cukup dengan barang seken (Bekas) sehingga bisa meminimlisir biaya. Untuk keperluan penunjang mungkin berupa kipas angin atau ac untuk ruang kerja, Soundsistem/speaker agar tidak jenuh dalam bekerja mungkin juga berupa tv atau keperluan lain yang tidak berhungan dengan kebutuhan pelaksanaan jasa print tetapi menunjang dalam kenyamanan dalam bekerja.

  3. Langkah ketiga adalah proses pemasaran dan pelayanan. pemasaran dan pelayanan adalah hal penting yang perlu diperhatikan karena untuk mendapatkan costumer maka perlu sebuah pemsaran yang tepat dan untuk tetap mempertahankan costumer maka perlu sebuah pelayanan yang membuat mereka tetap nyaman dalam memakai jasa yang kita berikan. Untuk usaha jasa printer mungkin kita bisa menggunakan costumer sebagai tenaga pemsaran kita tanpa mereka sadari. Caranya adalah dengan memberikan diskon khusus apabila mengajak temannya untuk memakai jasa kita. Ini tentunya sebuah proses pemasaran yang efektif sekaligus mempertahankan pelangggan.

Itulah tiga langkah dalam membangun sebuah usaha, apapun jenis usaha pertimbangkan ketiga hal tersebut agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal. Lupakan mencari lowongan kerja ketika kita bisa menciptakannya sendiri. Kreatifitas dalam diri harus dihargai dengan melakukan sesuatu. Jangan pernah malu memulai dari hal paling kecil karena hal kecil yang ditunjang konsistensi akan menjadi hal besar yang penuh potensi.

Posted in: Bisnis
Be the first person to like this.