admin
by on October 27, 2021
720 views

ipo dikenal juga dengan istlihah Initial Public Offering yang merupakan penwaran perdana saham dari suatu perusahaan kepada masyarakat umum. Sekarang ini melalui layanan e-ipo kita sudah bisa membeli saham ipo tanpa harus menjadi nasabah penjamin emisi. Cukup dengan menjadi nasabah salah satu sekuritas yang tergabung dalam e-ipo, maka kita bisa membeli saham dari penjamin emisi mana saja selama itu melalui mekanisme e-ipo
Contohnya saya yang sebagai nasabah BNI Sekuritas ingin membeli saham Mitratel dengan kode (MTEL) yang merupakan kode saham dari perusahaan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. Underwriters dari saham ini adalah mandiri sekuritas dan bri danareksa sekuritas. Namun sebagai nasabah yang sudah mendaftar dan terverifikasi di e-ipo, maka bisa melakukan pembelian dengan memasukkan angka penwaran.
Berikut adalah langkah dan cara membeli saham Ipo di e-ipo. Pastikan anda merupakan nasabah yang sudah diverifikasi oleh broker masing-masing. Adapun langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka halaman web e-ipo https://www.e-ipo.co.id/ dan silahkan login
  2. Pilih saham yang ingin dibeli, pastikan masih dalam waktu pemesanan. Seperti book building atau offering
  3. Klik "more info", maka akan diarahkan ke link pemesanan, dan klik "Place order"
  4. Silahkan masukkan harga penawaran pada Price (IDR) sesuai dengan rentang harga yang tersedia. Selanjutnya masukkan jumlah lot yang diinginkan pada Order Quantity (Lot). Total harga pesanan bisa dilihat di Total (IDR).
  5. Jika sudah yakin, maka klik "Send"
  6. Periksa sekali lagi, jika sudah yakin maka klik "Save"
  7. Langkah terakhir yaitu verifikasi pesanan melalui One Time Password (OTP). Silahkan klik Request OTP, maka kode OTP akan dikirim ke nomor hp yang terdaftar sebelumnya, dan masukkan kodenya sesuai dengan yang telah dikirimkan. Langkah terakhir klik "Save"

Sampai di sini anda sudah berhasil melakukan pemesanan IPO melalui e-ipo, silahkan ditunggu. Jika saham yang diinginkan banyak yang pesan, maka kemungkinan jumlah yang disetujui hanya sedikit, tergantung dari harga yang ditawarkan

Posted in: Bisnis
Topics: saham
Be the first person to like this.