admin
by on November 6, 2022
10,102 views

Kata serapan dari bahasa arab banyak ditemukan dalam bahasa indonesia, baik itu secara formal maupun tidak. Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan istilah arab juga menjadi trend bahkan merupakan hal yang umum baik dalam ucapan ataupun doa. Namun demikian, perbedaan huruf abjab dari bahasa arab ke bahasa indonesia menimbulkan perbedaan dalam penulisan, sehingga terkadang hal tersebut berpotensi mengubah arti sebenarnya. Tidak masalah jika artinya selaras dengan yang dimaksud oleh si pengucap, namun bagaimana jika artinya berbeda jauh ataupun bertentangan.

Ada banyak yang membahas perbedaan arti atau makna antara Khusnul Khotimah vs Husnul Khotimah. Ada yang beranggapan jika tersalah tulis maka artinya akan menjadi jelek, sehingga timbullah anggapan jika salah dalam penulisan tersebut berarti mendoakan sesuatu yang jelek pada seseorang. Benarkah Husnul Khotimah berbeda artinya dengan Khusnul Khotimah? Benarkah arti Husnul Khotimah berlawanan dengan arti Khusnul Khotimah.

Arti Husnul Khotimah

Husnul Khotimah berasal dari dua kata, yaitu husnu dan Khotimah. Husnu berasal dari kata hasuna (حَسُنَ) artinya baik atau bagus, sedangkan Khotimah artinya penutup, berasal dari kata khotama (خَتَمَ). Di dalam bahasa arab husnu ditulis (حُسْن), sedangkan Khotimah ditulis (الْخَاتِمَة). Sehingga kata Husnul Khotimah bisa diartikan “penutupan yang baik”, ataupun “akhir hayat yang baik”. Di dalam bahasa arab ditulis حُسْنُ الْخَاتِمَة.

Arti Khusnul Khotimah

Semua telah sepakat bahwa arti Khotimah adalah penutupan. Namun yang terjadi perbedaan terletak pada kata Khusnu, terkadang ada yang mempermasalahkan jika ditulis dengan Khusnul Khotimah menganggap artinya tidak baik. Bahkan ada yang mengatakan jika Khusnul Khotimah itu artinya adalah akhir hayat yang jelek. Benarkah demikian? Tentu saja tidak.

Dalam bahasa indonesia huruf ح ditulis menjadi h, sedangkan huruf خ menjadi Kh. Jika mengacu pada hal tersebut, maka dapat diasumsikan Khusnul itu menggunakan huruf Kho, dalam tulisan arabnya ditulis seperti ini خُسْن. Terus, apakah arti Khusnu tersebut? Artinya tidak ada dalam bahasa arab. Sehingga jika tersalah dalam penulisannya itu tidaklah memberikan arti doa yang jelek pada seseorang. Hal yang terpenting adalah pengucapan, dan maksud baik dari yang memberikan doa. Karena Allah maha mengetahui apa yang dimaksud oleh hambanya

Husnul Khotimah vs Su’ul Khotimah

Lawan kata dari Husnul Khotimah adalah Su’ul Khotimah. Husnu artinya baik, sedangkan Su’u artinya jelek atau buruk. Husnul Khotimah artinya “penutupan yang baik”, dalam bahasa arab ditulis حُسْنُ الْخَاتِمَة, sedangkan Su’ul Khotimah artinya “akhir yang buruk/ jelek”, dalam bahasa arab ditulis سُوْءُ الْخَاتِمَة.

Semoga artikel ini bisa membantu memberi penjelasan kepada yang membutuhkan, supaya tidak terjadi kesalahpahaman dari arti kata-kata tersebut.

Posted in: Kuliah
Be the first person to like this.