admin
by on January 2, 2022
1,717 views

Kuliah S3 menjadi hal yang menarik saat ini, bukan hanya bagi para dosen saja, bagi yang bekerja di lembaga penelitian, ataupun di pemerintahan daerah juga sudah banyak yang meneruskan pendidikan ke jenjang doktor / S3. Apa lagi saat ini tersedia beasiswa baik bagi dosen, pns, ataupun lainnya, seperti beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Pusbindiklatren Bappenas, dll. Terlepas dari itu, bagi yang ingin kuliah s3 dengan biaya sendiri juga bisa dengan biaya yang terjangkau. Seperti banyak terdapat pada universitas ternama di Indonesia.

Berapa Biaya Kuliah S3 di UGM per semester?

Biaya kuliah program doktor di UGM bervariasi tergantung dari jurusan dan jalur yang dipilih (beasiswa, kerjasama, dan biaya mandiri). Selengkapnya bisa dilihat di website penerimaan mahasiswa baru ugm. Di samping biaya kuliah per semester, juga ada biaya pendaftaran yang dibayarkan sekali pada saat pendaftaran mahasiswa baru. Biasanya untuk program doktor / s3 biaya pendaftarannya sebesar Rp. 750.000.

Apakah ada biaya lainnya selain biaya per semester?

Ini merupakan hal penting dalam memilih kampus untuk melanjutkan kuliah s3. Kita juga harus tau biaya apa yang harus dikeluarkan selain biaya kuliah persemester. Pada saat ini, berdasarkan pengalaman pribadi, biaya kuliah di fakultas teknik ugm sudah termasuk dalam biaya per semester. Kita tidak perlu lagi membayar biaya promotor, ujian komprehensif, seminar, dan sidang disertasi/ ujian tertutup.

Bagaimana dengan biaya penelitian dan publikasi internasional

biaya penelitian merupakan tanggungjawab mahasiswa, seperti jika kita ingin mewawancara pihak tertentu, maka biaya yang diperlukan bukannlah tanggungjawab dari pihak kampus. Hal yang sama juga berlaku jika kita ingin menggunakan software tertentu yang tidak ada di laboratorium kampus, maka biaya yang ditimbulkan meruapakan tanggungjawab pribadi. Sedangkan untuk publikasi internasional terdapat dua opsi, yaitu gratis dan berbayar. Kabarnya dari pihak kampus ada bantuan dana untuk publikasi, walaupun demikian jika biaya yang diperlukan melebihi dari yang disediakan oleh kampus, maka kekurangannya ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Tapi tidak perlu kuatir dalam masalah biaya publikasi, masih banyak jurnal yang tanpa meminta bayaran dalam mempublikasikan hasil riset kita.

Jadi kesimpulannya, jika teman-teman ingin merencana kuliah s3 biaya sendiri, atau ingin membuat proposal beasiswa ke instansi pemerintah, jangan lupa mempertimbangkan biaya tersebut. Biaya yang wajib yaitu meliputi, biaya pendaftaran, biaya kuliah per semester (minimal 6 semester), dan biaya penelitian.

Posted in: Kuliah
Topics: s3
Be the first person to like this.