admin
by on July 20, 2022
916 views

Secara harfiah Etnografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “ethnos” dan “graphein”.  Ethnos artinya orang asing, sedangkan  graphein artinya menulis, sehingga dari kedua kata tersebut bisa diartikan sebagai studi sistematis tentang kelompok atau fenomena budaya tertentu. Etnografi merupakan metodologi penelitian utama bagi para antropolog; ia berusaha menjawab pertanyaan antropologis tentang cara hidup manusia. Penelitian etnografi juga dilakukan oleh ilmuwan sosial di bidang lain, termasuk studi budaya, pendidikan, linguistik, studi komunikasi, perawatan kesehatan, dan kriminologi (Lapan et al., 2011).

Etnografi fokus pada budaya manusia. Meskipun budaya telah didefinisikan secara beragam, pada dasarnya mengacu pada keyakinan, nilai, dan sikap yang menyusun pola perilaku sekelompok orang tertentu (Merriam, 2014).

Pengertian metode penelitian etnografi adalah studi sistematis tentang kelompok atau fenomena budaya tertentu. Penelitian etnografi bersifat naturalistik, yang mana peneliti fokus pada orang-orang nyata dan kegiatan sehari-hari mereka di lingkungan alamnya. Peneliti etnografi (Etnografer) terlibat dalam kerja lapangan yang diperluas untuk mendokumentasikan keyakinan dan praktik dari sudut pandang orang itu sendiri. Sehingga transparansi dalam metode dan analisis penelitian sangat diperlukan dalam meningkatkan kredibilitas dan validitas laporan etnografi, seperti halnya pencantuman refleksivitas peneliti dan deskripsi yang tebal.

 

Posted in: Kuliah
Topics: metode
Be the first person to like this.