admin
by on December 24, 2020
2,378 views

Saham merupakan kepemilikan suatu perusahaan seperti pada perseroan terbatas (PT). Modal yang ada dalam perusahaan tersebut dibagi menjadi lembaran saham yang jumlah dan nilainya sangat bervariasi. Ada beberapa keuntungan mendasar memiliki saham yaitu keuntungan jika harganya naik dan pembagian dividen. Walaupun berpotensi memberikan keuntungan, ada juga risiko kerugian seperti harga jualnya yang turun, atau perusahaan tersebut failed.

Untuk membeli saham / efek tidaklah sulit jika sudah memiliki rekening di perusahaan sekiritas. Membuka rekening di BNI Sekuritas bisa dilakukan secara online, namun sebelum melakukannya persiapkan dulu syarat yang diperlukan yaitu :

  1. Scan KTP
  2. Foto Diri dengan memegang KTP
  3. Tanda Tangan (Foto/scan tanda tangan di kertas putih/ HVS)
  4. Nomor NPWP (tidak perlu discan)

 

Setelah persyaratan tersebut siap, langsung saja mendaftar di https://www.bnisekuritas.co.id/reg/ isi datanya pada semua tahapan.

  1. Tahap pertama mengisi data Informasi dasar seperti nama, alamat, pendidikan, dll.
  2. Tahap kedua mengisi data informasi tambahan yaitu tentang penghasilan, pekerjaan, dan mengisi nomor NPWP. Pada tahap ini juga memilih jenis rekening (reguler / syariah), saya sarankan pilih yang “syariah” karena berdasarkan pengalaman jika memilih syariah akan mendapatkan dua RDN, dan biaya transaksinya  juga lebih rendah. Untuk jenis layanan pilih “Full Online” karena transaksi dilakukan secara online dengan biaya transaksi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan hybrid
  3. Tahap ketiga mengisi kuisioner dan mengupload scan ktp, Foto Diri dengan memegang KTP, dan foto/scan tanda tangan di kertas putih

Setelah proses pendaftaran selesai maka akan mendapatkan email Konfirmasi Registrasi. Isi emailnya seperti berikut :

Terima kasih telah melakukan registrasi rekening efek di BNI Sekuritas. Data Anda telah kami terima.

  1. Apabila rekening Bank yang Anda daftarkan adalah BNI dan Anda memilih RDN BNI, maka Dokumen Pembukaan Rekening terlampir tidak perlu dikirimkan.
  2. Apabila rekening Bank dan pilihan RDN yang Anda daftarkan selain diatas, silahkan kirim dokumen formulir pembukaan rekening efek yang sudah ditandatangani ke BNI Sekuritas (sesuai dengan alamat yang tercantum pada halaman pertama dokumen formulir pembukaan rekening). Proses verifikasi akan dilakukan setelah dokumen asli (hard copy) kami terima. Mohon untuk menjawab panggilan masuk dari nomor 021-28094646.

Berdasarkan pengalaman (menggunakan rekening BNI) User ID, Password & PIN Trading dikirim sekitar tujuh hari kerja dari tanggal pendaftaran, lamanya proses ini mungkin bisa berbeda setiap nasabah. Saya sendiri mendaftar pada tanggal 15 Desember 2020, dan username serta password dikirim pada tanggal 23 Desember 2020.

 

Apa yang dilakukan setelah mendapatkan User ID, Password & PIN Trading?

Setelah mendapatkan User ID, Password & PIN Trading maka akun sudah aktif dan siap digunakan. Jika ingin bertransaksi dengan ponsel / smartphone maka ikuti langkah berikut:

  1. Langkah pertama yaitu menginstall aplikasi Esmart di android. Aplikasi juga bisa diinstal di Komputer / Laptop dengan operating system Windows atau linux. Setelah proses instalasi selesai, silahkan login dengan User ID dan Password yang dikirimkan melalui email yang berjudul “Password Esmart” (terdapat lampiran yang berisakan User ID, Password & PIN Trading).
  2. Setelah berhasil login, silahkan ganti password terlebih dahulu di aplikasi Esmart ( ini wajib agar bisa digunakan di aplikasi bions nantinya). Setelah proses ganti password berhasil maka sudah bisa digunakan.
  3. User ID dan Password juga bisa digunakan di aplikasi bions. Pada aplikasi bions terdapat 3 isiaian yaitu  User ID, Password dan PIN. Masukkan  User ID pada form  User ID, dan Password pada form  Password dan PIN.
  4. Isi saldo ke rekening RDN. Nomor rekenig RDN bisa dilihat di aplikasi bions pada pagian profil. Sedangkan cara mengisinya sama dengan cara transfer ke rekening bni (transfer ke rekening BNI) dari atm ataupun mobile banking BNI, dan masukkan nomor RDN sebagai nomor rekening tujuan.

 

Unable to Validate User Saat Login di Aplikasi Bions?
Mungkin ada yang mengalami pesan error seperti di atas, jika ini terjadi di aplikasi bions sedangkan di esmart bisa login. Maka caranya ganti password terlebih dahulu di esmart, setelah berhasil maka logout dari aplikasi esmart dan coba login di aplikasi bions

 

Apa Perbedaan Akun Reguler dengan Syariah Pada Aplikasi Esmart / Bions?
Pada prinsipnya, tampilan diaplikasi tidak ada perbedaan yang mendasar antara yang reguler dan syariah. Hanya saja untuk yang syariah, saham yang tidak tergabung dalam ISSI ( Indeks Saham Syariah Indonesia ) akan ditandai dengan coretan pada kode sahamnya, seperti ini BBNI (contoh saham BNI).

Posted in: Bisnis
Topics: saham
Be the first person to like this.