Elsa Fitria Bena
by on March 3, 2017
866 views
Kamu penyuka traveling? Bersyukurlah, karena kamu beruntung. Tidak semua orang memiliki tekad sepertimu untuk mencoba hal-hal baru di tempat-tempat yang baru. Mereka menganggap kegiatan traveling adalah kegiatan yang sia-sia, membuat tubuh lelah, serta menghabiskan uang dan juga waktu. Mereka menganggap hasil dari traveling hanyalah foto-foto perjalanan yang tidak ada faedahnya sama sekali.
Sekali lagi, kamu harus bersyukur karena tidak semua orang beruntung sepertimu. Traveling sebenarnya memiliki manfaat yang mungkin hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang suka traveling saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat traveling yang telah dirangkum dalam 10 poin.
1. Menghilangkan Stress
Siapa yang tidak setuju dengan ungkapan bahwa traveling dapat menghilangkan stress? Jika kamu adalah seseorang yang sibuk, lalu kamu meluangkan waktu di akhir minggu untuk berkunjung ke pantai atau air terjun, maka kamu akan pulang dengan perasaan yang lebih baik. Walaupun kondisi fisikmu akan lelah setelah perjalanan tersebut, perasaanmu akan berbeda. Kamu akan terlihat lebih segar dan stress akan berkurang.
2. Hidup Lebih Bahagia
Penelitian Thomas Gilovich membuktikan bahwa orang yang suka menghabiskan uang untuk traveling akan lebih bahagia daripada orang yang suka menghabiskan uang untuk belanja. Menurut Thomas, kebahagiaan adalah musuh besar dari adaptasi. Salah satu tujuan orang berbelanja adalah untuk memperoleh kebahagiaan. Mereka mendapatkan tujuan mereka itu setelah benda yang mereka inginkan sudah terbeli. Namun mereka lama kelamaan akan beradaptasi dengan benda baru itu, sehingga kebahagiaan itu akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.
Berbeda dengan orang yang suka traveling. Karena traveling adalah kegiatan yang menyenangkan dan terbilang singkat, orang tidak akan secepat itu kehilangan kebahagiaan mereka, sekalipun jika ia melakukan traveling secara rutin. Justru kenangan dari perjalanan-perjalanan yang mereka dapatkan akan membuat mereka selalu ingat, sehingga mereka akan memiliki potensi bahagia yang lebih besar. Jadi, jangan menabung untuk fashion. Jangan menabung untuk gadget. Menabunglah untuk pengalaman.
3. Memperluas Wawasan dan Pengalaman
Sudah tidak perlu diragukan lagi jika orang yang suka traveling akan memiliki lebih banyak wawasan dan pengalaman daripada orang yang hanya suka diam di satu tempat. Wawasan memang bisa didapat dari hal lain seperti membaca buku atau melihat informasi di televisi, namun akan berbeda rasanya jika kamu mengetahui wawasan itu secara langsung dengan mata kepala sendiri.
Orang yang suka membaca atau menonton televisi pasti tahu bahwa pantai itu terdiri dari pasir putih, air laut yang biru, angin, rumput laut, pohon kelapa, dan terkadang karang. Tapi mereka tidak akan pernah tahu bahwa ternyata di pantai ada gerombolan kepiting merah berukuran kecil yang sangat takut dengan manusia. Jika manusia mendekat, kepiting-kepiting itu akan langsung menggali pasir pantai dan secepatnya bersembunyi di bawah sana. Mereka tidak akan tahu bahwa ternyata besarnya butiran dan warna pasir di setiap pantai itu berbeda, tergantung kondisi alam dari masing-masing pantai. Mereka tidak akan tahu bagaimana rasanya diombang-ambingkan ombak saat naik perahu. Mereka tidak akan mampu merasakan tekstur dari batu karang yang sangat menyakitkan jika terinjak. Mereka tidak akan paham tentang bagaimana nikmatnya tidur siang di atas pasir pantai yang hangat.
Memang benar jika ada yang berpendapat, "Dunia adalah buku. Dan siapa yang tidak melakukan perjalanan hanya mampu membacanya satu halaman saja."
4. Menambah Teman
Pergi ke tempat-tempat baru dan bertemu dengan orang-orang yang baru adalah sebuah kenikmatan hidup yang akan membuat hidupmu tidak monoton. Orang datang silih berganti di dalam kehidupanmu. Namun, orang yang kamu temui dalam perjalanan akan memberikan kesan tersendiri. Biasanya perkenalan yang terjadi di perjalanan akan lebih menakjubkan daripada perkenalan yang terjadi di sekolah, kampus, atau kantor.
Mungkin kamu akan bertemu dengan orang luar negeri yang ternyata lebih "Indonesia" daripada kamu sendiri yang orang Indonesia asli. Mungkin kamu akan berkenalan dengan wanita cantik yang ternyata doyan olahraga ekstrim. Bahkan kamu akan dipertemukan dengan orang yang mungkin akan menyelamatkan hidupmu saat kamu terkena hypotermia di hutan yang gelap. Atau, setidaknya kamu akan berkenalan dengan orang yang ternyata masih satu kota dengan tempat tinggal kamu dan nantinya bisa kamu ajak berwisata bersama-sama suatu hari nanti. Menyenangkan bukan?
5. Kamu Menjadi Lebih Sistematis
Terkadang, kesibukan di sekolah atau kantor membuat waktu traveling kamu terbatasi. Kamu akan menjadi orang yang super sistematis. Jika biasanya kamu tidak pernah merencanakan sesuatu, maka kamu akan mulai merencanakan waktu perjalanan agar bisa menikmati waktu wisata sepuasnya, namun juga bisa kembali pulang secepatnya. Kamu akan mulai mencari informasi mengenai objek wisata yang akan dikunjungi. Jika memungkinkan, kamu bahkan akan membuat plan B, plan C, dan plan-plan berikutnya hanya supaya kegiatan perjalananmu menyenangkan dan tepat waktu. Kamu akan belajar menghargai waktu.
6. Membuat Kamu Suka Menabung
Bermimpi untuk traveling ke suatu tempat membuat kamu menjadi orang yang berhemat. Kamu mulai menabung untuk mewujudkan mimpi tersebut. Jika biasanya kamu sangat boros, kali ini kamu akan terdorong untuk hidup dengan lebih sederhana, demi mewujudkan mimpi kamu. Kamu akan lebih menghargai uang yang kamu punya, sekaligus belajar untuk mengatur penghasilan serta pengeluaran.
7. Kamu Tahu Batas Kemampuan Diri Sendiri
Jika bulan ini kamu pergi ke pantai untuk snorkeling, bulan depan cobalah pergi ke pantai untuk diving. Bulan berikutnya cobalah untuk surfing. Maka Kamu akan tahu bahwa kamu memiliki kemampuan di bidang tertentu. Jika kamu sudah berhasil mendaki bukit setinggi 1000 mdpl, maka cobalah mendaki gunung setinggi 2000 mdpl. Teruslah latih fisik dan cobalah mendaki gunung setinggi 3000 mdpl. Maka kamu akan tahu di batas mana kamu mampu berjalan. Sejauh apa kamu mampu bertahan. Jika kali ini kamu pergi traveling bersama teman, cobalah sesekali pergi traveling sendirian. Maka kamu akan tahu batas keberanian yang belum pernah kamu tahu selama ini.
8. Menjaga Kesehatan
Dalam traveling, banyak kegiatan-kegitan yang bermanfaat untuk kesehatan. Pergi ke gunung membuat kamu banyak berjalan. Dan berjalan merupakan olahraga sederhana yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja jantung. Pergi ke pantai membuat kamu banyak berenang. Pergi ke air terjun membuat kamu bisa menghirup udara segar sehingga paru-paru menjadi lebih sehat. Kamu juga bisa bersepeda di sepanjang bibir danau. Atau berlari pagi di bawah bentangan pohon-pohon pinus.
9. Menghilangkan Phobia
Pernahkah kamu mendengar ungkapan bahwa cara untuk menghilangkan phobia adalah dengan mendekati phobia itu secara terus-menerus? Jika kamu phobia terhadap air karena pernah tenggelam, maka sering-seringlah pergi ke danau atau pantai. Naiklah perahu yang ada di sana sesering mungkin. Maka phobia kamu akan berkurang, bahkan hilang sama sekali. Jika kamu phobia akan ketinggian, sering-seringlah pergi ke gunung. Cobalah untuk melewati jembatan-jembatan gantung yang ada di sana. Atau cobalah naik paralayang. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk naik bianglala atau wahana permainan lainnya di tempat-tempat wisata.
10. Kamu Menjadi Pribadi yang Mudah Bersyukur
Saat kamu berada jauh dari rumah, dan kamu melihat pemandangan yang indah, apa yang pertama kali ada dalam pikiranmu? Kedekatanmu dengan Sang Pencipta akan bertambah. Saat berada di tengah hutan atau di tengah laut, kamu akan merasa sangat kecil dan hanya satu hal yang akan bisa selalu kamu ingat: Tuhan. Dan, menikmati keindahan ciptaan-Nya akan membuatmu lebih banyak bersyukur.
Posted in: Hobi
1 person likes this.