sahrudi
by on November 24, 2015
1,478 views

Tips Menentukan Tempat Usaha Yang Ideal


Tempat usaha yang ideal merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam membangun sebuah usaha. Hal ini harus dipertimbangkan dengan matang sebelum memulai untuk menjalankan usaha. Oleh karena itu kami ingin berbagi tips agar mendapatkan sebuah tempat usaha yang tepat untuk usaha anda. Beberapa pertimbangan yang harus dilakukan dalam menentukan tempat usaha anda adalah sebagai berikut:

  1. Lingkungan Sosial dan ekonomi Lingkungan sosial dan ekonomi adalah faktor pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih dan menentukan tempat usaha anda. Oleh karena itu dalam melakukan survey sebelum memulai sebuah usaha tidak hanya melihat peta persaingan dari usaha yang akan anda jalankan tetapi juga peluang dari usaha anda sendiri. Lingkungan sosial yang kami maksud adalah sebagai berikut:
    1. Tingkat keramaian. Anda harus tahu seberapa ramai tempat yang anda pilih untuk menjalankan usaha. Semakin ramai tempat di sekitar tempat usaha anda maka akan semakin besar peluang tempat anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak.
    2. Tingkat keamanan. Selain ramai anda harus memastikan bahwa tempat anda aman dari berbagai macam gangguan. Pertimbangan keamanan ini bisa meliputi gangguan dari orang lain, ancaman bencana alam, dan binatang liar.
    3. Kebersihan. Salah satu syarat tempat untuk menjadi menarik di mata pengunjung adalah kebersihan. Oleh karena itu anda harus memperhatikan kebersihan dari lingkungan tempat anda menjalankan usaha.

    Sementara untuk lingkungan ekonomi yang kami maksud adalah sebagai berikut:
    1. Daya beli masyarakat. Anda harus memastikan bahwa anda menjalankan usaha yang sesuai dengan tingkat kemampuan daya beli masyarakat sekitar. Hal ini bisa anda ketahui dengan melihat jenis pekerjaan dari masyarakat sekitar tempat usaha anda.
    2. Gaya hidup. Pertanyaan yang harus anda jawab adalah apakah masyarakat di sekitar tempat anda akan membangun usaha memiliki gaya hidup konsumtif artinya membutuhkan barang atau jasa yang siap pakai. Masyarakat yang cenderung lebih membutuhkan pelayanan praktis dari pada memproduksi sendiri barang atau jasa yang dibutuhkan.
  2. Ukuran tempat usaha Untuk ukuran tempat usaha yang kami maksud disini sudah berbicara tentang bangunan yang akan anda tempati. Tempat usaha harus sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Apabila anda ingin menjalankan sebuah usaha dengan produk barang yang membutuhkan tempat produksi maka sebaiknya tempat usaha anda memiliki ruang produksi dan ruang pelayanan yang cukup. Usahakan ruang produksi dan ruang pelayanan memiliki batas pemisah sehingga ruang pelayanan anda menjadi nyaman bagi pelanggan karena tidak terpengaruh oleh proses produksi yang anda lakukan setiap harinya.
  3. Jarak dan akses Tempat usaha yang ideal juga harus bisa diakses dengan mudah oleh calon pengunjung (nasabah) baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Selain itu apabila anda menjalankan usaha yang produknya berupa barang jadi maka anda sebaiknya memilih tempat usaha yang dekat dengan sumber bahan bakunya. Kalaupun hal ini tidak memungkinkan maka akses berupa ketersediaan jalan dan jembatan yang memadai sudah cukup.
  4. Sarana dan prasarana Sarana berupa jalan dan jembatan sudah dijelaskan di atas, sekarang sarana dan prasarana lebih kepada ketersediaan air bersih dan jaringan instalasi listrik lebih lanjut lagi kalau bisa anda juga harus memperhatikan akses jaringan telefon dan internet. Ketersediaan sarana dan prasarana yang lengkap akan memudahkan anda dalam menjalankan usaha anda.

Sebagai kesimpulan kami akan menyampaikan secara singkat manfaat dari menentukan tempat usaha yang ideal adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan
  2. Proses produksi yang cepat
  3. Mengurangi biaya transportasi dan akomodasi
  4. Proses promosi yang efektif
  5. Peluang usaha yang lebih besar
  6. Paling terakhir tentunya adalah keuntungan (Laba) dari usaha anda

Kami anggap cukup tips menentukan tempat usaha yang ideal dari kami. Kalau ada yang perlu ditambahkan silahkan tinggalkan komentar anda untuk saling bertukar informasi. Kunjungi terus cregasia.com untuk mendapatkan tips-tips menarik lainnya. Semoga usaha yang anda jalankan bisa berjalan maksimal. Sukses selalu buat anda.

Posted in: Bisnis
1 person likes this.