Dwi Cahyo
by on December 31, 2014
3,321 views
Desain Interior Menggunakan 3ds Max

Suatu kepuasan tersendiri bisa mendesain ruang sendiri sesuai dengan keinginan, berbagai pola ataupun tata letak bisa dicoba untuk memastikan kesesuian dengan keinginan pemilik. Selain layout ruang juga bisa digunakan untuk pencahayaan, pewarnaan, ataupun material bangunan.

Sebelum mendesain sebaiknya telah mempunyai gambaran terlebih dahulu berupa denah ruang ataupun sketsa ( gubahan masa bangunan ). Pada tutorial kali ini penulis ingin berbagi mengenai cara membuat interior ruang sederhana dengan 3ds max 8. Sebenarnya software ini sudah mempunyai versi yang lebih tinggi, namun menggunakan versi lebih rendah supaya bisa dibuka pada versi lebih tinggi.

CTutorial membuat interior ruangan dengan 3ds max sebagai berikut :

1. Membuat lantai dengan luasan 5 x 5m dengan ketebalan 0,1m

Buat box dengan mengklik box pada object type ( lihat gambar ). Pada parameter masukkan length : 5, width :5 dan height : 0,1


2. Membuat dinding
Cara membuat dinding mirip dengan membuat lantai, namun pada pengaturan parameter menyesuaikan dengan kondisi dinding sebenarnya yaitu lebar 0,1 dan tinggi 3 meter. Ada beberapa fungsi penting dalam mempermudah pekerjaan dalam 3dsmax yaitu:
a. Untuk memutar gunakan fungsi select and rotate,
b. untuk memindahkan objek gunakan fungsi move.
c. Untuk mengkopi gunakan fungsi move + shift

2. Material
Tekan huruf m pada keyboard untuk memunculkan material editor. Klik pada diffuse untuk memilih warna sebagai material ataupun bisa menggunakan gambar

File dari tutorial diatas bisa di download pada tutorial berikutnya


Sumber : https://www.cregasia.com/blog/31/desain-interior-menggunakan-3ds-max/
Posted in: Tips & Trik
Be the first person to like this.