sahrudi
by on April 22, 2015
2,536 views

Pantai Melawai Destinasi Wisata Kuliner Balikpapan

Sudah pernah berkunjung ke balikpapan? Kalau belum dan suatu saat nanti anda ingin berkunjung kesana ada satu hal yang harus anda tahu tentang kota Balikpapan. Kota dengan semboyang "kota BERIMAN" memiliki sebuah destinasi wisata kuliner dengan konsep yang unik. Lokasi yang hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari pelabuhan Semayam (Nama Pelabuhan di Balikpapan) ini sudah menjadi pilihan bagi warga kota Balikpapan dan juga pengunjung dari luar kota untuk melakukan wisata kuliner. Berikut beberapa alasan mengapa Pantai Melai dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner.

  1. Akses
    Pantai yang berada di jalan Jend. Sudirman ini selain dekat dengan pelabuhan juga sangat dekat dengan lapangan merdeka yang biasa dijadikan sebagai tempat olahraga, seperti jogging, main futsal, volly, atau sekedar duduk santai menikmati udara sore yang segar. Pantai melawai ini sangat mudah diakses karena berada di jalan protokol yang menghubungkan pelabuhan dengan pusat kota. Meski dekat dengan pelabuhan tapi di jalan ini hampir tidak ada kemacetan.
  2. Makanan
    Sebagai tempat wisata yang mengawinkan wisata alam (Pantai) dengan wisata kuliner tentu yang menjadi andalan adalah makanan yang sangat beragam. Lahan yang luasnya sekitar 100x50 meter ini menampung banyak penjual makanan mulai dari konsep tradisional sampai semi modern yang tentunya siap menggoyang lidah para pengunjung dengan kualitas rasanya.
  3. Tempat
    Tempat yang disediakan juga terbilang unik, karena hanya disiapkan tikar yang dipasang memanjang dan meja-meja kecil sebagai tempat meletakkan sajian. Pengunjung hanya duduk lesehan sambil menikmati deburan ombak dan sunset (mentari tenggelam) sebagai pelengkap kenikmatan makanannya.

  4. Harga
    Makanan Satu hal yang biasanya menjadi pertimbangan dalam sebuah perjalanan wisata (Khususnya wisata kuliner) adalah harga. Wisata Kuliner Pantai Melawai dengan konsep uniknya menawarkan harga yang bersahabat dengan para pengunjungnya. Harganya sangat ramah untuk kantong pelajar/mahasiswa dan juga pekerja (karyawan), meskipun harga yang ditawarkan sangat bervariasi sesuai dengan makanan namun dijamin harga di tempat ini lebih murah dibandingkan dengan restoran dengan satu tambahan kenikmatan yaitu makan sambil duduk di bawah pohon ketapang yang rindang.
  5. Keamanan
    Sebagai tempat yang sangat dekat dengan polsekta Pelabuhan Semayam tempat ini secara teori sangat aman. Tapi pemerintah tidak tinggal diam dengan teori yang ada, pemerintah kota balikpapan sangat memperhatikan keamanan ruang publiknya sehingga operasi dari satpol PP hampir tiap hari. Jadi, jangan heran ketika berkunjung ke pantai melawai dan melihat banyak polisi dan satpol PP karena itulah prosedural keamanan yang ada. Apalagi kalau anda berkunjung saat malam. Bagi yang suka berwisata kuliner dan berkunjung ke kota balikpapan, pantai melawai adalah salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi. Jangan sampai kehilangan pesona pantai dan rasa makanannya
Posted in: Pariwisata
1 person likes this.