Eka Febriyani Khasanah
by on September 4, 2015
1,097 views
Pantai menganti merupakan salahsatu pantai yang terletak di pesisir selatan. Pantai ini belum termasyur seperti pantai Parangtritis, pantai Pangandaran dan pantai-pantai lain di sepanjang Pulau Jawa bagian selatan. Namun, jangan salah pantai ini mempunyai keindahan alam yang mampu memanjakan mata anda.
Pantai menganti yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia ini merupakan salahsatu pantai yang terletak di desa Karangduwur, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai menganti menyajikan suatu pemandangan pasir putih yang dihiasi batu-batu karang terlihat dari puncak perbukitan yang menghijau.
Pantai menganti berjarak 45 kilometer dari kota Gombong (Kebumen), untuk mengunjungi pantai menganti anda dapat menggunakan jalur dari Gombong ke arah selatan melalui pantai Logending lurus ke selatan melalui perbukitan. Pastikan rem dan mesin kendaraan anda dalam kondisi yang prima karena jalur ini merupakan jalur perbukitan yang sempit dan berkelok-kelok. Sepanjang perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan gugusan perbukitan nan hijau dan birunya laut pantai selatan. Tidak sedikit orang yang berhenti di pinggir jalan sekedar untuk mengabadikan panorama.
Ketika memasuki pantai Menganti anda akan disajikan suatu pemandangan istimewa dengan hamparan pasir putih dan bebatuan gamping hasil abrasi dengan pohon kelapa disepanjang pantai dan barisan perahu nelayan yang berbaris rapi disepanjang bibir pantai akan menjadi suatu pemandangan istimewa dengan hijunya perbukitan dan beberapa batu karang di bagian selatan pantai ini.
Pantai menganti tidak hanya menyajikan ombak dan hamparan pasir, pantai ini juga mempunyai beberapa perbukitan yang dapata anda tempuh dengan berjalan kaki dari bibir pantai. Dari perbukitan anda dapat menikmati sejuknya angin pantai selatan lengkap dengan suara deburan ombak dan sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah birunya lautan lepas dan hijuanya perbukitan. Anda juga dapat berjalan menuruni perbukitan untuk mencapai batu karang di bagian barat laut pantai ini, tetapi anda harus behari-hati karena air pasang dapa terjadi sewaktu-waktu.
Di sisi Timur bukit menganti terdapat suatu mercusuar warisan Belanda yang tingginya sekitar 20 meter yang dapat anda naiki untuk melihat pemandangan.
Pantai Menganti baru dibuka sebagai tempat wisata untuk umum pada tahun 2011, untuk itulah masih banyak infrastuktur yang masih dalam tahap pembangunan. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini anda cukup membayar Rp 5.000,00/ orang.
Posted in: Pariwisata
Be the first person to like this.