Eka Febriyani Khasanah
by on April 8, 2015
1,436 views
Waktu Efektif untuk Minum Kopi
Secangkir kopi di pagi hari memang terasa nikmat, namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi kopi di pagi hari ternyata kurang efektif bagi kesehatan tubuh.
Bagi anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi dipagi hari sesaat setelah bangun tidur ataupun saat sarapan, sebaiknya anda memilih waktu terbaik untuk minum kopi dengan menunda meminumnya hingga pukul 09.30. mungkin anda bertanya-tanya mengapa harus menunggu hingga pukul 09.30.
Seperti yang sudah kita ketahui kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung kafein. Di dalam tubuh kafein akan bereaksi dengan hormon kortisol. Hormon kortisol bermanfaat untuk mengubah cadangan energi menjadi glukosa yang digunakan oleh sel-sel tubuh.
Ketika bangun tidur di pagi hari kadar hormon kartisol di dalam tubuh masih tinggi sehingga tubuh tidak dapat melakukan penyerapan kafein secara maksimal. Kadar hormon kartisol akan menurun dan berada pada level paling rendah pada pukul 09.30 hingga 11.30. kadar hormon kartisol akan kembali meningkat setelah makan siang yaitu pukul 13.00, 17.30 dan juga 18.30. Tubuh memerlukan asupan kafein pada saat kadar hormon karisol rendah. Kafein bisa anda dapatkan dari secangkir kopi yang anda konsumsi.
Sebagaimana prinsip dalam dunia kesehatan ataupun dunia farmasi bahwa sebaiknya obat dikonsumsi hanya pada saaat dibutuhkan saja. Begitupun dengan kopi. Jika kopi dikonsumsi pada saat kadar hormon kartisol sedang tinggi maka tubuh akan mentolerir kopi dalam jumlah yang sama, sehingga anda menjadi kecanduan dan cenderung meningkatkan konsumsi kopi anda.
Mengkonsumsi kafein pada saat kadar hormon kortisol sedang tinggi kurang efektif dan dapat membuat anda menjadi cepat merasa haus dan lapar.
Kopi sangat efektif dikonsumsi pada pukul 09.00-11.30 atau pada menjelang sore saat kadar hormon kartisol tubuh rendah sehingga penyerapan kafein akan maksimal. Kafein yang terdapat pada kopi akan meningkatkan produksi hormon kartisol sehingga hormon kartisol di dalam tubuh tetap stabil. Menglonsumsi 1-3 cangkir kopi secara rutin pada waktu yang tepat juga dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker hati.
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.