1,440 views

Ciri Ciri dan Gejala TBC

Siapa yang tidak mengenal penyakitinfeksi saluran pernapasan yang satu ini. Ya, penyakit tuberculosis atau TBC merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyerang saluran pernapasan manusia. Bakteri tuberculosis bertanggung jawab terhadap penyakit tuberculosis atau TBC ini. Bakteri tuberculosis merupakan bakteri gram negative yang berbentuk basil atau batang. Oleh karena itu, tidak heran jika tuberculosis membutuhkan cukup waktu untuk mengobatinya. Bakteri tuberculosis ini umumnya menyebabkan infeksi pada paru-paru (90%) daripada organ yang lain. Tuberculosis sampai saat ini masih menjadi perhatian di mata dunia. Sampai sekarang, belum ada negara yang bersih dari penyakit tuberculosis ini. Bahkan, tingkat kematian dan infeksi oleh bakteri mycobacterium tuberculosis ini masih tinggi.

Di Indonesia sendiri, penyakit tuberculosis mencapai tingkat prevalensi 289 per 100 ribu penduduk dengan kasus sebesar 189 per 100 ribu penduduk. Berdasarkan data statistik yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan RI sepanjang tahun 2011 tentang tuberculosis atau TBC di negara Indonesia mengungkapkan 27 dari 1000 penduduk terancam mengalami kematian akibat tuberculosis. Berdasarkan laporan tersebut juga disampaikan bahwa penderita tuberculosis di Indonesia meningkat 8,46% dari sekitar 744 pasien tuberculosis di tahun 2010 menjadi 807 tiap 100000 penduduk pada tahun 2011. Meskipun begitu, tingkat kesembuhan penderita tuberculosis pada tahun 2011 mampu mencapai target 83,7% dan angka keberhasilan pada pengobatan tuberculosis mencapai angka 90,3% pada tahun 2011.

Gejala Penyakit Tuberculosis

Gejala umum penderita tuberculosis adalah demam yang berlangsung lama. Biasanya demam ini dirasakan ketika malam hari dan terkadang sampai berkeringat. Selain itu, terkadang juga muncul influenza yang sifatnya hilang timbul. Gejala yang lain adalah nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan, batuk selama 3 minggu atau lebih (dapat juga disertai darah), malaise atau perasaan yang tidak enak dan lemah.

Supaya anda bisa mengantisipasi tuberculosis sejak dini, mulailah untuk mengetahui gejala penyakit infeksi saluran pernapasan ini. Berikut adalah gejala yang perlu diwaspadai:


  1. Gejala utama
    1. Batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih.
  2. Gejala tambahan
    1. Dahak disertai darah
    2. Nyeri dada disertai sesak napas
    3. Demam lebih dari 1 bulan
    4. Pada malam hari berkeringat tanpa sebab
    5. Badan terasa lemas dan lesu
    6. Nafsu makan dan berat badan menurun

Tuberculosis paru merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang menular, terutama melalui cairan yang ada pada saluran pernapasan yang dikeluarkan ke udara saat batuk atau bersin. Selanjutnya akan dihirup oleh orang-orang disekitarnya. Namun, meskipun begitu, orang yang menghirup udara tersebut tidak selalu sakit. Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, bakteri tuberculosis akan “tertidur” dan penyakit tuberculosis ini tidak muncul. Hal ini tentu berbeda dengan orang yang daya tahan tubuhnya rendah ataupun mengalami penurunan gizi, menghirup udara yang terdapat bakteri tuberculosis karena kondisi lingkungan yang buruk secara terus menerus, tentu akan lebih mudah terserang penyakit tuberculosis.

Pengobatan penyakit tuberculosis

Penderita tuberculosis umumnya menjalani pengobatan dalam jangka panjang dengan minimal 3 macam obat selama 6-9 bulan. Selain itu, tuberculosis dapat dicegah dengan beberapa cara, diantaranya :

  1. Meminimalkan kontak langsung dengan penderita tuberculosis
  2. Membiasakan gaya hidup yang baik
  3. Menjaga lingkungan dan rajin berolahraga serta makan makanan yang bergizi
  4. Melakukan vaksin BCG
Posted in: Kesehatan
Be the first person to like this.