admin
by on December 11, 2019
1,226 views

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, merupakan suatu bahasa yang bisa digunakan untuk pemrograman website dan persifat open source alias bisa digunakan secara gratis. Berbeda dengan html, php dieksekusi di sisi server sedangkan html lebih ke desain / tampilan yang dilihat langsung oleh pengunjung. File php berektensi .php namun pada prakteknya ekstensi ini bisa disembunyikan supaya url bisa terlihat lebih cantik.

Webserver perlu diinstal terlebih dahulu sebelum bisa menjalankan php. Pada saat ini webserver yang banyak digunakan yaitu Apache, IIS and Nginx. Silahkan pilih webserver tersebut sebelum menggunakan php. Pada tutorial ini, diasumsikan bahwa komputer yang digunakan sudah terinstall apache, php, dan Mysql / Mariadb.

Tipe Data

Ada beberapa tipe data php, yaitu :

  1. intiger
  2. String
  3. float
  4. Boolean
  5. Array
  6. Objects
  7. Null

 

Cara Penulisan Skrip Php

File php berekstensi .php sedangkan cara penulisannya (sintak) dengan pola sebagai berikut.

Kode yang dijalankan ?>

 

Pada contoh di bawah ini menggunakan perintah echo yang merupakan perintah untuk menampilkan string

 

<?php echo "Apa kabar Semua ?"; ?>

 

Setelah perintah echo, jika data berupa tek perlu diapit oleh tanda kutip (bisa tanda kutip satu atau dua). Sedangkan jika data berupa angka tidak perlu diapit oleh tanda kutip.

 

<?php echo  123456; ?>

 

Variabel Pada Php

Penulisan variabel dalam php ditandai dengan $ yang diikuiti oleh nama variabel. Nama variabel merupakan case-sensitive, sehingga penggunaan huruf kecil dan besar dihitung berbeda variabel, seperti $abc dihitung variabel berbeda dengan $Abc.

 

<?php $a = "Saya sedang belajar PHP"; echo $a; ?>

 

Nilai suatu variabel diapit oleh tanda kutip jika berupa teks varchar, sedangkan angka tidak memerlukan tanda kutip.

 

<?php $a = 123456; echo $a; ?>

 

Nilai variabel juga bisa terdiri fungsi php dan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian

 

<?php $a = 11-3; $b = 21+2; echo $a * $b; ?>

 

Nilai variabel juga bisa hasil dari fungsi php tertentu (tidak semua fungsi php bisa menjadi nilai variabel secara langsung)

 

<?php $a = strtoupper("Huruf Besar"); echo $a; ?>

Posted in: PHP
Be the first person to like this.