by on January 19, 2015
1,058 views
Mobilyze, Aplikasi Terapi Virtual Obat Depresi

Depresi bisa datang kapan saja dan dimana saja, penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Untuk mengatasinya, tidak sedikit orang pergi berkonsultasi mencari solusi.
Tapi model psikoterapi jenis ini melibatkan pertemuan rutin yang menyita waktu.

Untuk mengatasi hal itu, para peneliti di Universitas Northwestern, Illinois, Amerika Serikat, menciptakan terapi virtual. Mereka menciptakan Mobilyze, aplikasi yang bisa dipasang pada telpon seluler. Perangkat ini dapat mendiagnosis suasana hati dan mendeteksi sejauh mana depresi menyerang seseorang.

Menurut psikolog David Mohr, kepala proyek tersebut, teknologi pengolahan data Mobilyze berbasis algoritma. Setiap individu mempunyai kode tersendiri. Cara kerjanya, setelah aplikasi diunduh, sejumlah data harus dimasukkan, diantaranya lokasi serta aktivitas sosial dan fisik.

Metode berkonsultasi dengan Mobilyze, cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyampaikan keluhan pada halaman yang tersedia. Mobilyze mengolah informasi itu dengan mempertimbangkan data awal.

Pada halaman yang sama, Mobilyze akan mendeteksi apakah pengguna menunjukkan perilaku normal atau tidak. Mobilyze juga akan melakukan pengecekan berkala perkembangan pengguna, misalnya apa saran yang sudah dilakukan dan bagaimana perubahan perilaku pengguna.
Posted in: Teknologi
Be the first person to like this.