Zulkifli Aminuddin
by on December 13, 2016
1,193 views
Pendahuluan
Judul artikel diatas mungkin terdengar terlalu provokatif, tapi bila Anda benar-benar bisa membuat program VBA Word, Anda akan terkagum-kagum sendiri, betapa powerful-nya program sederhana tersebut. VBA adalah bahasa pemrograman turunan dari Visual Basic yang dirancang khusus untuk membantu para user Ms. Office level advance dalam meningkatkan efektivitas dan efesiensi pekerjaan mereka, biasanya dengan membuat otomatisasi pada langkah-langkah yang sering berulang.
Untuk bisa membuktikan sendiri klaim diatas, mari ikuti saja langkah-langkah pembuatan dan pengujian program VBA Word tersebut.
Menyiapkan Source Code Program VBA Word
 Seleksi dan salin source code program VBA Word dibawah ini: mulai dari ‘Sub Tempel_Simpan()’, sampai dengan ‘End Sub’.
---------------------------------------------
Sub Tempel_Simpan()
Documents.Add Template:="Normal"
Selection.PasteAndFormat (wdFormatOriginalFormatting)
Selection.EndKey Unit:=wdStory
Selection.TypeParagraph
t = Now()
Selection.Text = t
Selection.Find.ClearFormatting
Selection.Find.Replacement.ClearFormatting
With Selection.Find
.Text = "/"
.Replacement.Text = "_"
.Forward = True
.Wrap = wdFindStop
End With
Selection.Find.Execute Replace:=wdReplaceAll
With Selection.Find
.Text = ":"
.Replacement.Text = "_"
.Forward = True
.Wrap = wdFindStop
End With
Selection.Find.Execute Replace:=wdReplaceAll
g = Selection.Text
Selection.TypeBackspace
ActiveDocument.SaveAs2 FileName:="Diambil dari Internet " & g & ".docx"
End Sub
---------------------------------------------
 Jalankan Aplikasi Ms. Word.
 Buka Jendela Visual Basic Editor dengan mengklik menu Developer (menu paling kanan, seperti tampak dalam lingkaran merah).
Tetapi, bila menu Developer belum tersedia di jendela utama Ms. Word Anda, Jangan panik! (memang secara default tidak tersedia). Aktifkan saja dengan mengklik menu file (seperti tampak dalam lingkaran merah).
Kemudian klik Options (tab paling kiri bawah, seperti tampak dalam lingkaran merah).
Lalu, akan muncul kotak dialog Word Options. Pilih tab Customize Ribbon, centang kotak Developer pada list Customize the Ribbon seperti tampak dalam lingkaran merah. Klik ‘OK’, dan menu Developer Anda sudah aktif.
Kembali ke jendela utama Ms. Word, klik icon Visual Basic pada ribbon code (icon paling kiri dan ribbon paling kiri juga, seperti tampak dalam lingkaran merah).
 Setelah masuk ke jendela Visual Basic Editor, tekan tombol Ctrl + End pada keyboard untuk memindahkan kursor ke bagian paling bawah dari jendela editor (Anda boleh mengabaikannya, bila ini Macro VBA pertama Anda, langkah ini hanya untuk memastikan bahwa Macro yang akan ditempel tidak masuk ke Macro lain yang sudah ada). Kemudian tekan Ctrl + V pada keyboard untuk menempelkan source code program yang sudah disalin sebelumnya (gambar setelah penempelan).
 Tutup jendela Visual Basic Editor, untuk kembali ke jendela utama Ms. Word.
Membuat Tombol Shorcut untuk Mengeksekusi Macro VBA
 Selanjutnya kita akan membuat tombol shortcut baru di Quick Access Toolbar (deretan tombol paling atas, yang sejajar dengan judul dokumen, tampilan Quick Access Toolbar di komputer saya dengan di komputer Anda akan berbeda). Klik shorcut panah kebawah (shortcut paling kanan, sebelum judul dokumen, seperti tampak dalam lingkaran merah).
Akan muncul menu drop down, selanjutnya pilih More Commands... (seperti tampak dalam lingkaran merah).
Setelah itu, akan muncul lagi kotak dialog Word Options. Pada tab Quick Access Toolbar (yang sedang aktif), ganti ‘Popular Commands’ pada list Choose command from (kotak list paling kiri atas) menjadi ‘Macros’. Lalu didalam list Macros pilih ‘Normal.NewMacros.Tempel_Simpan’ (Tampilan isi list Macros di komputer saya akan sangat berbeda dengan di komputer Anda). Tekan tombol ‘Add>>’ di samping list Macros, maka Macro ‘Normal.NewMacros.Tempel_Simpan’ akan masuk ke list Customize Quick Access Toolbar. Dan, terakhir tekan tombol ‘OK’ di bagian paling bawah kotak dialog Word Options.
Sekarang akan muncul tombol baru di Quick Access Toolbar (seperti tampak dalam lingkaran merah), dan tombol tersebut siap untuk diuji coba.
Menguji Coba Program VBA Word
 Masuklah ke laman https://www.cregasia.com/syarat/ untuk menguji coba program diatas.
 Seleksi artikel dari judul sampai akhir artikel. Biasanya saya akan mulai dengan mengklik, tahan, dan geser pada awal judul sampai beberapa baris kebawah, seperti tampak pada gambar.
Lalu mouse saya lepas, dan menekan tombol Page Down pada keyboard beberapa kali sampai akhir artikel kelihatan, kemudian saya akan menekan dan menahan tombol shift pada keyboard dengan telunjuk tangan kiri, dan mengklik pada akhir dokumen dengan jari tangan kanan, dengan demikian artikel akan terseleksi dari awal sampai akhir, seperti tampak pada gambar.
 Tekan tombol Ctrl + C pada keyboard untuk menyalin artikel yang sudah terseleksi.
 Masuk lagi ke aplikasi Ms. Word Anda. Buka dokumen baru atau dokumen Ms. Word apa saja, yang penting Anda bisa masuk ke jendela utama Ms. Word.
 Klik tombol Macro yang baru saja Anda buat tadi, di Quick Access Toolbar, (seperti tampak dalam lingkaran merah).
 Dan, Abra kadabra! Ms. Word secara otomatis akan membuat satu dokumen baru, lalu menempelkan artikel yang sudah disalin sebelumnya ke halaman dokumen baru tersebut, kemudian menyimpannya dengan nama dokumen yang unik, dimulai dengan “Diambil dari Internet”, dan di belakangnya ditambahkan tanggal dan waktu system secara berturut-turut, tetapi dengan terlebih dahulu mengganti tanda ‘/’ (pemisah dd/mm/yyyy), dan tanda ‘:’ (pemisah hh:mm:ss), dengan tanda ‘_’, seperti tampak dalam lingkaran merah. Semua langkah itu dilakukan hanya dengan satu kali klikan, dan bisa dilakukan dari jendela utama dokumen Ms. Word manapun yang sedang aktif.
Mamfaat Macro VBA
Mungkin Anda akan protes, kenapa harus bersusah payah membuat program VBA Word, bila hanya untuk menempalkan dan menyimpan dokumen? itu ‘kan hanya langkah sederhan. Tapi bila Anda sedang melakukan penelitian kecil-kecilan di internet dengan mencari dan mengumpulkan artikel untuk bahan-bahan tulisan Anda, macro VBA seperti itu akan sangat menghemat langkah dan waktu Anda.
Secara normal, untuk menempalkan dan menyimpan satu dokumen ke Ms. Word, paling tidak kita akan membutuhkan lima sampai enam kali klikan di berbagai tempat. Bila jumlah dokumen yang mau ditempel dan disimpan banyak, tentu akan sangat merepotkan. Lagipula, akan jauh lebih nyaman, bila bisa mencapai hasil yang sama, dengan hanya mengklik satu tombol di satu tempat, daripada mengklik enam tombol di enam tempat yang berbeda.
Penutup
Saya minta maaf, karena keterbatasan ruang, dalam artikel ini saya tidak sempat lagi menjelaskan arti dari source code Macro VBA diatas. Mungkin di kesempatan yang lain, saya akan membuat artikel tentang elemen-elemen Bahasa Pemrograman Visual Basic for Application untuk Ms. Word (VBA Word). Dan satu lagi, saya menggunakan Microsoft Word 2016, bila Anda menggunakan versi yang lain, mungkin Anda bisa menyesuikannya. Sekian dan Terima Kasih.
--------------------
Catatan: Artikel ini di-publish ulang, karena artikel sebelumnya dengan judul yang sama ada sedikit error. Dan error itu sudah diperbaiki, sekalian isi artikelnya juga diubah sedikit untuk menyesuikan dengan perbaikan tersebut.
Be the first person to like this.