admin
by on October 2, 2015
8.9k+ views

Rimba Kepungan Sialang


Rimba Kepungan Sialang memiliki kaitan erat dengan keberadaan pohon sialang di kawasan hutan tersebut. Rimba kepungan Sialang merupakan suatu kawasan hutan yang di dalamnya terdapat pohon sialang dan berbagai jenis pohon lainnya seperti durian, cempedak, duku, langsat, tampoi, tayas, dll.


Rimba kepungan sialang disediakan untuk tempat lebah bersarang yang hasilnya akan diambil dan dibagi-bagikan menurut tradisi pada daerah itu. Pengelolaan Rimba Kepungan Sialang dibawah pengawasan batin pada zaman dahulu. Meskipun beberapa suku diberi rimba kepungan sialang oleh batin. Namun dalam pengawasannya dilakukan oleh batin terutama pada hal yang menyangkut pemakaian dari hasilnya tersebut, karena Rimba Kepungan Sialang menghasilkan madu lebah dan buah-buahan


Nama Rimba kepungan sialang memiliki hubungannya dengan proses terjadinya daerah hutan tersebut. Pada awalnya merupakan hutan Rimba, namun setelah masyarakat membuka lahan persawahan ( ladang ) maka penggunaan tanah meluas sehingga yang tersisa daerah yang di dalamnya terdapat pohon sialang dalam suatu kelompok hutan. Hutan ini merupakan hutan tanah yang terkepung oleh tanah peladangan sehingga Rimba Kepungan Sialang dapat diarrtikan sekelompok hutan ( kepungan) yang terkepung / terletak diantara beberapa tanah peladangan.


Sumber : U.U. Hamidy : Rimba Kepungan Sialang
Posted in: Keluarga
Be the first person to like this.