admin
by on September 21, 2015
1.1k+ views

CARA MENCEGAH BAHAYA KOLESTEROL


Apabila mendengar istilah kolestro, maka kata tersebut identik dengan penyakit. Tapi sebrnarnya tidak semua kolestrol itu jahat, karena tubuh manusia membutuhkan kolestrol. Sebenarnya kolestrol ada yang baik dan ada yang jahat. Manusia membutuhkan kolestrol, perharinya sebanyak 1.100mg. kolestrol diproduksi oleh liver sekitar 70 persen kolestrol dalam darah, sedangkan sisanya dari makanan yang dikosumsi.

APA FUNGSI KOLESTROL BAGI TUBUH MANUSIA?
kolestrol memiliki peranan dalam tubuh manusia, yaitu :

  1. Bahan baku pembuat hormon-hormon, seperti hormon seks
  2. Membantu hati untuk menghasilkan asam empedu
  3. Merupakan komponen dari membran sel, yang bermanfaat bagi jaringan tubuh

KOLESTROL VS LEMAK
Apakah kolestrol sama dengan lemak? Ternyata, kolestrol berbeda dengan lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak, belum tentu tinggi kolestrol. Lemak merupakan zat yang kaya energi, sedangkan kolestrol merupakan sub bagian dari lemak. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang kompleks. Kolestrol tidak larut dalam air, agar kolestrol bisa dibawa melalui aliran darah, maka harus membentuk struktur lipoprotein.


KOLESTROL BAIK VS JAHAT
Di dalam tubuh terdapat HDL )high-density lipoprotein) dan LDL (low density lipoprotein). HDL adalah kolesterol baik dan LDR adalah kolestrol jahat. HDL menjaga pembuluh darah arteri agar tetap bersih untuk kesehatan jantung. Sedangkan LDL disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.


DAMPAK JIKA KOLESTROL TINGGI
Pembuluh darah memiliki peranan yang penting bagi tubuh. Terjadi gangguan pada pembuluh darah, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan. Adapun penyakit yang disebabkan oleh kolestrol jahat adalah serangan jantung stroke


CARA MENCEGAH BAHAYA KOLESTROL
Setelah mengetahui apa penyebab dari kolestrol, maka sebaiknya anda menghindari makanan yang tinggi LDL. Selain itu, untuk meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut, yaitu :

  1. Alpukat
    alpukat merupakan buah yang kaya akan asam folat yang baik bagi tubuh
  2. Ikan
    kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan bisa membantu mengurangi kolestrol jahat, dan juga dapat meningkatkan kolestrol baik
  3. Kacang kacangan
    Walaupun terlihat banyak lemak, ternyata kacang-kacanngan memiliki kolestrol jahat yang rendah

Selain mengkonsumsi makanan di atas, juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan kadar kolestrol jahat, adapun jenis makanan yang perlu dihindari adalah :

  1. Telur burung puyuh
    telur puyuh memiliki kandungan kolestrol jahat yang tinggi yaitu sekitar 3.640 mg
  2. Otak sapi
    otak sapi merupakan makanan yang enak. Namun, disamping itu ternyata otak sapimemiliki kadar kolestrol yang tinggi yaitu 2.300mg
Posted in: Bisnis
Be the first person to like this.