admin
by on December 29, 2021
2,359 views

Dengan internet memungkinkan kita untuk dapat mengakses berbagai informasi dari banyak sumber. Baik dalam bentuk berita, video, atapun perangkat lunak. Kepraktisan tersebut membuat pekerjaan kita menjadi lebih muda dengan bantuan berbagai informasi tersebut. Kita bisa menggunakan berbagai software dengan gratis dalam berbagai urusan baik pribadi ataupun komersial.

Disini saya ingin sedikit mengulas tentang lisensi MIT yang banyak kita jumpai di internet, seperti codeigniter yang menggunakan lisesnsi MIT. Nah, apa itu lisensi MIT? Apa saja yang boleh dan dilarang dalam lisensi tersebut ? Lisensi tersebut bberasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dalam lisensi MIT kita diperbolehkan menggunakan, menyalin, memodifikasi, menggabungkan , menerbitkan, mendistribusikan, mensublisensikan, dan/atau menjual salinan Perangkat Lunak, dan mengizinkan orang-orang yang diberikan Perangkat Lunak untuk melakukannya.

Lisensi ini memang cukup menarik karena kita dibebaskan dalam menggunakan tanpa perlu embel-embel sebagainya. Namun walaupun demikian, perangkat lunak yang disematkan dengan lisensi tersebut tanpa ada jamiman dalam bentuk apapun, hal ini berupa dibebaskanya pemberi lisensi dari tuntutan jika terjadi kerusakan yang diakibatkan dalam penggunaan perangkat lunak tersebut.

Untuk memahami tentang lisensi MIT, sedikit saya ingin memberikan ilustrasi dalam sebuah software codeigniter yang menggunakan lisensi tersebut. Karena codeigniter menggunakan lisensi MIT, maka kita diperbolehkan menggunakannya dengan bebas, hasil dari karya yang dibuat bisa dijual tanpa perlu memberi kredit kepada pihak codeigniter. Termasuk juga tidak diperlukan memberikan backlink atau sebagainya. Bagaimana jika web yang dibuat dengan codeigniter menimbulkan kerugian bagi orang lain? Apakah pihak codeigniter bisa dituntut? Tentu saja tidak

Be the first person to like this.