Eka Febriyani Khasanah
by on November 11, 2015
612 views

Keindahan Wisata Pantai Ayah di Kebumen Jawa Tengah


Pantai Ayah atau yang juga dikenal dengan Pantai Logending merupakan salahsatu Pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Selain menyuguhkan pantai dengan ombak cukup besar khas pantai selatan, pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan ini juga menyajikan perbukitan hutan jati dengan ketinggian 5 m di atas permukaan laut milik perum perhutani KPH wilayah Kedu Selatan di bagian sisi timur. Pada bagian barat pantai ini terdapat muara sungai Bodo yaitu sungai yang memisahkan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Pantai ini berjarak 40 km atau satu jam dari pusat kota Gombong. Anda dapat mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Bagi anda yang datang dari arah Jogjakarta anda dapat memilih menggunakan jalur selatan yaitu menyusuri perbukitan dari wilayah pantai Karangbolong dan pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan prima karena jalan yang anda lewati adalah jalan perbukitan yang landai dan curam. Anda juga dapat memilih jalur utara yaitu melewati kota Kebumen dan lurus ke barat. Ketika sudah memasuki kota Gombong atau lebih tepatnya desa ijo akan ada gapura pada sisi kiri jalan ke arah Gua Jatijajar, Gua Petruk dan juga Pantai Ayah. Anda cukup mengikuti jalan tersebut dan sampailah pada pantai Ayah. Bagi anda yang datang dari arah Jakarta atau Purwokerto ketika sampai di kota Buntu anda cukup mengikuti jalur ke arah hingga sampai di desa ijo dan menemukan gapura petunjuk pada kanan jalan lalu ikuti jalan tersebut. Bagi anda yang menggunakan kendaraan beroda empat baik kendaraan pribadi ataupun bus pariwisata bersama rombongan anda dapat berjalan menyusuri jembatan di atas kali bodo yang menghubungkan terminal dan pantai Ayah, ataupun berjalan-jalan dahulu menyusuri PPI Logending yang menyajikan pemandangan eksotik pantai selatan dan sungai Bodopada bagian selatan, perbukitan hijau pada sisi timur dan utara dan lebatnya hutan payau pada sisi barat, disini juga banyak dijumpai perahu tradisional neayan yang digunaka untuk mencari ikan pada malam hari. Tetapi bagi anda yang menggunakan kendaraan beroda dua anda dapat memawa kendaraan anda hingga ke pantai.

Pantai ayah dilengkapai dengan fasilitas yang memadai. Ada masjid, toilet, arena bermain anak-anak dan juga bumi perkemahan di wilayah perhutani. Di pantai Ayah juga terdapat post TNI AL. Di sini anda dapat menghirup segarnya udara dan semilirnya angin khas pantai selatan sembari berjalan-jalan menyusuri pantai dengan pemandangan hijaunya perbukitan pada bagian timur dan utara, birunya laut pada bagian selatan dan juga tenangnya muara sungai Bodo. Anda juga dapat bermain volli pantai, sepak takraw, dan berkemah di wilayah ini. Jika hari libur banyak nelayan yang menyewakan perahu mereka untuk berkeliling menyusuri sungai Bodo. Dari sungai ini anda dapat melihat hijaunya perbukitan hutan jati dan juga lebatnya hutan bakau yang tumbuh di sungai Bodo. bagi anda yang ingin membeli ikan, udang lobster, kepiting hasil tangkapan nelayan, perahu ini akan mengantarkan anda mengunjungi tempat pelelangan ikan (TPI) di desa Jetis yang masuk ke dalam wilayah kabupaten Cilacap. Selain membeli ikan segar disini anda juga dapat menikmati kuliner seafood khas pantai selatan dan membeli beberapa souvenir.

Pantai ayah juga dilengkapi arena bermain anak-anak dan kolam renang. Pada hari libur banyak andong dan kuda yang disewakan untuk mengantarkan pengunjung mengelilingi pantai ini. Bagi anda yang berminat membeli souvenir tidak usah khawatir karena banyak pedagang yang menjual berbgai macam souvenir mulai dari kerajinan tangan berbahan dasar kerang, gantungan kunci hingga pakaian pantai. Selain itu juga banyak yang menawarkan ikan asin, atauun hasil olahan laut lainnya. Wisata anda belum lengkap kalau belum mencicipi masakan seafood khas pantai selatan yang banyak dijual oleh rumah makan di wilayah pantai ini.

Bagi anda yang ingin bermalam disini anda dapat menyewa losmen ataupun hotel yang banyak berada dekat pantai Ayah, ataupun mendirikan tenda untuk berkemah di wilayah bumi perkemahan milik perum perhutani.

Biasanya wisatawan domestik lebih memilih sore hari untuk mengunjungi pantai ini. selain udara yang tidak terlalu panas, pada sore hari juga akan terlihat pemandangan yang menakjubkan apalagi kalau bukan matahari terbenam baik dari pantai Ayah maupun dari PPI Logending.

Be the first person to like this.
Hamsyah
Tambahin gambarbya gan, biar bisa bayangin
Like September 25, 2016