by on November 9, 2015
347 views

Kecanggihan Teknologi Balon Google Loon


Kebutuhan akan koneksi internet saat ini sudah menyeluruh termasuk daerah terpencil sekalipun juga membutuhkan internet. Namun, kebutuhan akan internet tersebut belum semua daerah bisa tercover oleh fasilitas yang ada. Bahkan, di perkotaan juga terkadang masih belum dapat merasakan koneksi internet dengan kecepatan yang memadai untuk download, streaming, dll.

Google merupakan perusahaan raksasa yang bergerak di dunia internet telah lama dikenal dengan mesin pencari ( Search Engine ) terbaik dan terpopuler saat ini. Pengguna internet di indonesia pada umumnya menggunakan google sebagai mesin pencari di dunia maya.

Tahun 2016, project loon atau dikenal dengan projek balon google akan masuk ke Indonesia dengan melakukan kerjasama dengan beberapa operator seluler di Indonesia. Balon yang berisi helium akan terbang di langit Indonesia dengan mengirimkan sinyal untuk koneksi internet keseluruh pelosok daerah yang terpencil yang sangat sulit jika ditempuh dengan membangun menara untuk koneksi internet.

Baloon Loon bisa dibaratkan menara seluler BTS (Base Tranceiver Station) yang berada di angkasa. Keberadaan ini tentu tidak mengganggu penerbangan pesawat komersial karena balon loon berada pada ketinggian sekitar 20 kilometer dari permukaan bumi, atau tepatnya berada pada lapisan stratosfer.

Baloon dengan helium tersebut tidak bisa bertahan selamanya di angkasa, melainkan memerlukan perawatan rutin sehingga jika ballon loon sudah keluar dari orbit, maka balon yang lain akan segera menggantikan posisi balon tersebut. balon tersebut selalu berganti sesuai denga siklus kerjanya sehingga ada kekosongan balon yang mengorbit di statosfer.

Project loon ini merupakan project yang inovatif dan strategis, jika seandainya project seperti ini dikembangkan untuk arah yang lebih jauh lagi maka akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Menurut penulis sendiri, proyek seperti ini bisa dikembangkan ke pada fungsi yang lain seperti pemanncar stasiun tv, radio, dan radar yang berukuran rinagan.

Akhir dari tulisan ini, saya berharap supaya dengan adanya inovasi teknologi yang berkaitan dengan koneksi internet, tentu akan memberikan kemudahan bagi penggunaka internet di Indonesia. Mudah-mudahan koneksi internet bisa lebih murah dan cepat.

Be the first person to like this.
semoga bermanfaat
Like August 4, 2016