sahrudi
by on October 29, 2015
7,490 views

Kelebihan dan Kekurangan Membangun Usaha Bersama


Menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri hampir menjadi keinginan semua orang. Kebebasan waktu dan juga privasi mungkin menjadi alasan selain jumlah penghasilan yang tidak terbatas setiap bulannya. Namun untuk menjadi pengusaha atau mulai membuka usaha sendiri membutuhkan banyak modal. Modal bukanlah hanya persoalan uang, tetapi juga pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu alternatif solusi yang terbukti sangat baik adalah membangun usaha bersama.

Kelebihan dari membangun usaha bersama

Membangun usaha bersama memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri apabila dibandingkan membangun usaha sendiri. Kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Bisa meringankan dalam pendanaan awal atau modal awal yang biasanya memakan biaya yang cukup besar (untuk beberapa jenis usaha tertentu). Selain itu resiko kecil apabila usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang atau bangkrut karena tentunya kerugian ditanggung dengan pembagian yang proporsional atau ditanggung bersama.
  2. Bisa berbagi tugas sehingga tidak membutuhkan jasa karyawan pada saat baru memulai. Perbedaan skill akan memudahkan dalam pembagian tugas yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.
  3. Mempunyai teman untuk berbagi pemikiran dalam melahirkan inovasi baru atau ide bisnis yang baru atau dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  4. Promosi usaha akan berjalan cepat karena dipromosikan oleh beberapa orang yang tentunya memiliki keluarga dan teman yang banyak.

Kekurangan membangun usaha bersama

Selain kelebihan yang bisa didapatkan dari membangun usaha bersama tentunya hal ini tidak terlepas dari kekurangan yang ada. Berikut kekurangan yang ada dalam membangun usaha bersama:

  1. Keuntungan kecil karena harus dibagi bersama teman secara proporsional.
  2. Apabila tidak bisa mengontrol diri maka akan sulit mencapai satu keputusan karena perbedaan pendapat dan egoisme.
  3. Perbedaan visi dan misi akan menyebabkan usaha sulit berkembang.

Solusi agar bisnis bisa berjalan normal apabila dijalankan secara bersama adalah:

  1. Menyamakan visi dari awal
  2. Menentukan leader dari awal (meskipun pada dasarnya semua anggota punya hak yang sama.
  3. Membuat aturan tentang standar operasional, sehingga kedisiplinan kerja bisa terjaga serta terjaga batasan hak dan kewajiban masing-masing.

Setiap pilihan tentu memiliki dampak positif dan negatif, tidak terkecuali dalam membangun bisnis secara bersama-sama. Satu hal yang penting adalah kesadaran diri akan kesiapan untuk menanggung konsekwensi yang ada. Kalau anda tertarik untuk membangun bisnis secara bersama-sama, maka mulailah menghubungi orang yang anda anggap tepat karena memiliki bisnis sendiri itu punya kelebihan tersendiri (meskipun dijalankan bersama) dibandingkan menjadi karyawan di perusahaan dengan gaji yang sangat besar sekalipun.

Be the first person to like this.