by on December 19, 2014
6,164 views

CARA MEMBUAT TEMPOYAK DURIAN

Nama tempoyak mungkin asing bagi sebagian orang di indonesia. Berbeda halnya dengan yang berasal dari riau, jambi, palembang, kalimantan,dll. Istilah tempoyak sudah menjadi trending di kalangan masarakat melayu.

Makanan ini cukup unik, karena terbuat dari durian yang sudah asam ( hampir busuk ). Ternyata durian yang sudah asam bisa diolah kembali menjadi makanan yang enak yaitu “Tempoyak Durian”. Makanan ini tergolong cukup unik karena terbuat dari durian yang sudah asam ( hampir busuk). Lantas, bagaimana kalau membuat tempoyak durian dengan durian yang masih segar? Ups.. ya Gak BISA... hehe. Syarat lhooo...

Emangya enak? Tergantung pada selera..

Sebenarnya banyak lho makanan yang diolah dari buah ataupun ikan yang sudah tidak segar. Di masarakat melayu sudah familiar dengan tempoyak ( durian asam / hampir busuk), cencalok ( dari udang yang sudah hampir busuk), pekasam ( dari ikan yang sudah hampir busuk ), dan belacan udang ( biasanya dari malaysia ).

Tempoyak terbuat dari durian yang sudah asam. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan khas rumpun melayu yaitu malaysia dan di Indonesia seperti Riau, Kepri, Jambi, Palembang, dan di Kalimantan. hmmmm..... enak nya sambal tempoyak yang khas ini bisa manjakan lidah di jamin enak ( bagi orang TERTENTu seperti aq)

Untuk membuatnya cukuplah mudah. Ikuti cara berikut : BAHAN -100g daging durian yang sudah asam / yang masih manis juga boleh -3sdt garam halus -1 cm kunyit(1/2sdt serbuk kunyit) CARA - haluskan daging durian masukan garam dan serbuk kunyit hingga rata taruh di dalam toples kedap udara setelah itu simpan selama satu minggu di tempat sejuk jauhkan dari sinar matahari. -tempoyak ini boleh tahan lama asal di tutup rapat. Mudahkan? Lumayan dari pada membuang durian yang sudah asam, lebih baik dimanfaatkan untuk dibuat tempoyak.
Be the first person to like this.