admin
by on October 19, 2015
5k+ views

Pengertian Cekungan Fisiografi, Struktural, Sedimen


Ada tiga jenis Cekungan dalam Geologi yaitu :

  1. Cekungan Fisiografi
    Cekungan fisiografi adalah muka bumi yang cekung atau depresi yang dikelilingi pegunungan disekitarnya dan pada umumnya merupakan system pengeringan suatu daerah yang memusat pada daerah yang relatif rendah
    1. Cekungan sedimen tidak harus berbentuk cekungan fisiografis/geomorfologis. Atau dapat saja merupakan lereng tetapi secara khas ditandai adanya penurunan tektonik secara relatif terhadap sekitarnya.
    2. Bagian tepi cekungan cekungan umumnya terdapat lapisan sedimen yang membaji.
    3. Gejala paling penting pada cekungan sedimen adalah muka pengendapan (depositional interface) dalam selang waktu tertentu dapat secara sebagian berada di atas maupun dibawah permukaan.
    4. Cekungan sedimen dapat sebagian atau secara keseluruhan terkena tektonik sehingga terlipat tersesar dan pengangkatan menjadi rangkaian pegunungan (Baturagung range), Pegunungan Serayu dlsb.
    5. Geosinklin adalah konsep lama cekungan yang bentuknya memanjang dan diendapkan sedimen yang berlebihan dan akhirnya menjadi rangkaian pegunungan.
  2. Cekungan Struktural
    Cekungan struktural adalah struktur batuan dimana bagian tengah atau menurun dari sekitarnya contoh sesar Graben atau lipatan sinklinorium. Cekungan tektonik pada permukaannya dapat berbentuk dataran atau bahkan pegunungan.
  3. Cekungan Sedimen
    Cekungan sedimen adalah bagian dari kerakbumi yang dimana dapat berperan sebagai akumulasi atau terakumulasinya lapisan sedimen yang relatif tebal dari sekitarnya.
Posted in: Bisnis
Be the first person to like this.