admin
by on September 11, 2015
4k+ views

Mesin Pengolahan Kopi

Pengolahan kopi baik pengolahan produk primer maupun pengolahan produk sekunder dapat dilakukan secara manual maupun mekanis. Pertimbangan manual ataupun mekanis ini tergantung dari kapasitas dari produksi. Perkebunan besar umumnya menggunakan cara mekanis untuk melakukan proses pengolahan mengingat kapasitas produksi yang besar.
Tahapan proses pengolahan ada yang dapat dilakukan secara manual atau mekanis. Beberapa tahapan yang biasa dilakukan secara mekanis antara lain proses sortasi buah, proses pulping, proses fermentasi, proses pengeringan, proses pengupasan, dan proses sortasi. Alat untuk proses pengolahan yang digunakan untuk pengolahan kopi antara lain :

  1. Mesin Pulper
    Fungsi dari mesin pulper adalah melepas kulit buah kopi untuk memudahkan pelepasan atau pembersihan lapisan lendir dari permukaan kulit tanduk
  2. Alat pengering
    Fungsi dari alat pengering adalah untuk mempercepat proses difusi air sehingga aman disimpan dan tetap memiliki mutu yang baik sampai ke tahap proses pengolahan berikutnya. Sistem pemanasan mesin untuk mengeringkan bahan mengunakan sistem pemanasan tidak langsung dimana panas dialirkan ke lantai pengering yang berupa ayakan aluminium menggunakan pipa pindah panas yang berasal dari tungku kayu burner sebagai sumber panas.
  3. Alat pengupas kulit tanduk/ari
    Fungsi alat pengupas kulit tanduk/ari untuk memisahkan kulit buah kering, kulit tanduk dan kulit ari sehingga diperoleh biji kopi pasar yang bersih dan bermutu.
  4. Mesin sortasi
    Untuk memisahkan biji kopi beras berdasarkan ukuran, alat yang dapat digunakan adalah mesin grader tipe catador. Mesin sortasi ini memisahkan kulit buah kering, kulit tanduk dan kulit ari sehingga diperoleh biji kopi pasar yang bersih dan bermutu.
  5. Mesin penyangrai
    Mesin ini memiliki fungsi untuk membantu pembentukan calon aroma dan citarasa khas kopi bubuk
  6. Mesin Pencampur
    Fungsi mesin pencampur ini adalah untuk mencampur biji kopi sangrai agar bubuk kopi yang dihasilkan konsisten dan seragam
  7. Mesin Penggiling
    Mesin penggiling berfungsi untuk memperkecil ukuran partikel kopi sesuai dengan keinginan konsumen.
Posted in: Bisnis
Be the first person to like this.