admin
by on November 21, 2015
1.8k+ views

Pengaruh Backlink Terhadap Serp Seo 2019

 

Seo masih merupakan suatu hal yang menjadi populer di dunia internet terutama bagi yang menfokuskan pada hasil penelusuran mesin pencari. Tak heran kita melihat ada sebuah website yang masih baru tapi sudah mempunyai backlink yang mencapai angka seribu, apakah ini memiliki dampak positif terhadap website atau sebaliknya bisa menurunkan peringkat dari hasil penelusuran mesin pencari seperti google dan bing ?

Algoritma mesin pencari terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan zaman guna mendapatkan hasil penelusuran terbaik bagi pengguna. Mesin pencari bukanlah manusia yang bisa membedakan mana dengan akal dan pikiran melainkan menggunakan algoritma yang telah ditanamkan guna memberi ranking pada website sesua dengan kriteria yang telah ditentukan.

 

Apakah Backlink masih berpengaruh ?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan sering ditanyakan oleh webmaster karena ingin yang terbaik dan mendapat number one di mesin pencari. Jawaban yang pasti apakah backlink masih berpengaruh terhadap seo hanya google yang mengetahui secara pasti. Namun, dari analisa kami backlink masih merupakan suatu yang memiliki pengaruh terhadap serp untuk tahun 2016 dalam persentase yang kecil. Mengapa persentasenya kecil ? oke.. kita bisa melakukan pengecekan pada suatu kata kunci tertentu, disana bisa dilihat bahwa ada web yang memiliki backlink sangat banyak tetapi berada dibawah posisi web yang hanya memiliki sangat sedikit backlnik.

Seperti contohnya web ini yang pada saat artikel ini dibuat masih memiliki backlink o dan umur web baru 3 -4 hari merupakan umur yang sangat muda bagi sebuah web tanpa ada redirect 301. Ternyata dengan kondisi tersebut juga tidak membuat posisi serp berada jauh dibawah, dengan kata lain masih ada website dengan banyak backlink tetapi berada pada posisi dibawahnya.

 

Lebih baik tidak memiliki backlink dari pada backlink yang tidak berkualitas

Backlink berkualitas memiliki faktor yang penting terhadap seo, diperlukan suatu seleksi terhadap backlink yang diperoleh agar tidak memberikan dampak negatih terhadap website. Jika anda masih ingin mengkoleksi backlink, maka hindarilah beberapa backlinkdengan kriteria berikut agar tidak memberikan dampak negatif, yaitu :

  • Backlink yang berasal dari web spam
  • Backlink yang berasal dari blog atau web yang masih baru ( berumur dibawah satu bulan )
  • Backlink yang berasal dari web yang terlalu banyak memberikan backlink. Sebenarnya tidak salah menggunakan backlink dari web yang banyak memberikan link keluar, namun web tersebut haruslah seimbang antara konten dan backlink. Seperti halnya gooogle yang banyak memberikan backlink, tetapi backlink yang diberikan tersebut memiliki dampak positif
  • Backlink yang bersal dari web sedikit konten
  • Backlink yang berasal dari web yang kontennya dibuat secara otomatis ( robot )

 

Be the first person to like this.